Timnas Indonesia

Batal Bela Indonesia, Sandy Walsh Angkat Suara!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Sandy Walsh akhirnya memberikan komentarnya terkait dirinya yang gagal membela di 2022. Sebelumnya, ia santer dikabarkan akan pulang dan memperkuat Timnas Indonesia di matchday kedua melawan Brunei Darussalam. Namun pada akhirnya, ia dipastikan gagal turun di even sepak bola dua tahunan itu.

Diketahui, beberapa waktu lalu, Sandy sempat mengikuti sesi latihan bersama Timnas Indonesia di Bali. Begitu diumumkannya nama 28 pemain yang akan mengikuti TC jelang Piala AFF 2022, ia langsung terbang ke Indonesia.

Kedatangan Sandy Walsh kali ini berbeda dari sebelumnya. Sebelum-sebelumnya, ia berstatus sebagai ‘calon' pemain Timnas Indonesia. Namun kali ini, ia sudah resmi menjadi WNI (Warga Negara Indonesia).

Setibanya di Bali, Sandy langsung bergabung dengan rekan-rekannya yang lain. Turut pula hadir dalam kesempatan tersebut pemain naturalisasi lainnya Jordi Amat. Usai membela JDT di Malaysia, Amat langsung terbang ke Indonesia.

Namun bedanya, Jordi Amat menyelesaikan seluruh pemusatan latihan di Bali – namun Sandy Walsh tidak. Jadi, Sandy meninggalkan rekan-rekannya di Bali untuk kembali ke Belgia di tengah-tengah pemusatan latihan tersebut. Dikatakan, Sandy diminta kembali ke klubnya KV Mechelen karena klub akan memainkan beberapa pertandingan uji coba sebelum dilanjutkannya Liga Pro Belgia karena sempat terhenti oleh .

Baca Juga:  Bebas dari Hukuman, Sananta Bisa Dimainkan di Laga Indonesia vs Korea Selatan

PSSI dalam keterangannya mengatakan Sandy bisa kembali ke Indonesia di matchday kedua. Jadi, pemain kelahiran Belanda itu hanya akan melewatkan satu pertandingan melawan Kamboja saja. Namun di laga kedua hingga akhir (jika lolos ke final) Sandy dipastikan bisa memperkuat Timnas Indonesia. Hal itu juga diiyakan oleh Shin Tae-yong dalam keterangannya beberapa waktu lalu.

Namun secara tiba-tiba, usai TC Timnas Indonesia di Bali berakhir dan dilanjutkan ke Jakarta, muncul kabar lainnya bahwa Sandy dipastikan gagal membela Timnas Indonesia. Ia tidak mendapatkan izin kembali dari klubnya. KV Mechelen mengkalim klub memiliki jadwal padat. Selain itu, Piala AFF bukan ajang resmi yang tercatat dalam kalender FIFA sehingga mereka berhak menolak untuk melepas pemainnya.

Dan pada akhirnya, Sandy Walsh pun resmi dicoret. Dari daftar 23 pemain yang didaftarkan Shin (untuk Piala 2022), nama eks pemain Timnas Belanda U-15 itu tak ada. Sandy dan empat pemain lainnya tersingkir dari daftar.

Baca Juga:  PSSI Kembali Lobi Heerenveen agar Mau Lepas Nathan Tjoe-A-On ke Timnas U23 Lagi

Shin Tae-yong pun dibuat kesal. Pasalnya, lobi yang ia lakukan hingga terbang ke Belgia dan menemui klub Sandy sia-sia belaka. Padahal, ia rela kecapekan karena saat itu ia baru saja menyelesaikan pemusatan latihan bersama skuad Garuda muda di Eropa.

Beberapa waktu kemudian, sang pemain yakni Sandy Walsh angkat suara. Lewat akun instagramnya, ia meminta maaf dan berkata jujur bahwa dirinya juga kecewa dengan hal (gagal bela Timnas Indonesia) ini.

“Halo semuanya, saya tahu kalian sangat kecewa dan bingung mengapa saya tidak berada di Timnas Indonesia dalam turnamen (Piala AFF 2022). Untuk itu saya ingin memberi penjelasan,” buka eks pemain Zulte Waregem itu.

“Saya juga kecewa, sama seperti kalian. Seperti kalian ketahui saya telah berada di Indonesia untuk menjadi WNI dan berada di Bali untuk mengikuti pemusatan latihan persiapan turnamen,” tambahnya.

“Situasinya KV Mechelen memiliki pertandingan yang penting di kompetisi dalam waktu yang bersamaan dengan Piala AFF. Saya telah diskusi dengan KV Mechelen juga dengan PSSI dan coach Shin,” tutupnya kemudian.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

32 Comments