Timnas Indonesia

ADO Den Haag Bereaksi Rafael Struick Tak Diberi Menit Bermain di Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Brunei



NOBARTV NEWS – ADO Den Haag memberikan reaksinya usai sang pemain Rafael Struick tak mendapat menit bermain walaupun mendapat panggilan di 2026.

Diketahui, beberapa waktu lalu, bertanding di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde pertama. Di ajang ini, anak asuh Shin Tae-yong itu berhadapan dengan tim sesama Asia Tenggara Brunei Darussalam.

Laga melawan Brunei itu dilakukan sebanyak dua kali alias dua leg. Di leg pertama yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Marc Anthony Klok dkk menang dengan skor telak 6-0. Sementara itu, di leg kedua yang berlangsung di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah, Bandar Seri Begawan, skuad Garuda lagi-lagi menang dengan skor telak 0-6.

Kemenangan agregat 12-0 itu membuat skuad Timnas Indonesia melaju ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia grup F. Di grup F ini, mereka akan berhadapan dengan Timnas Irak, Timnas Vietnam, dan Timnas Filipina. Dua laga di fase grup tersebut akan berlangsung pada bulan depan – yang di mana, Marc Klok dkk akan away ke markas Irak dan Filipina.

Kelolosan skuad Garuda ke grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 ini sendiri tak lepas dari peran para pemain pilihan Shin Tae-yong. Ya, dari komposisi pemain yang dipanggil Shin, hampir seluruh pemain abroad mendapat panggilan. Hanya dua pemain yang berkarier di luar negeri yang gagal berangkat ke Indonesia. Kedua pemain tersebut adalah Jordi Amat (Johor Darul Takzim) dan Ivar Jenner (Jong FC Utrecht U-21). Dikonfirmasi, kedua pemain tersebut sedang mengalami cedera.

ADO Den Haag Bereaksi Rafael Struick Tak Diberi Menit Bermain di Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Brunei
Rafael Struick ketika bermain untuk Timnas Indonesia U-23 September lalu

Selain itu, pemain seperti Marselino Ferdinan, Rafael Struick, Saddil Ramdani, Elkan Baggott, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Asnawi Mangkualam Bahar, hingga Pratama Arhan mendapat panggilan.

Tapi mirisnya lagi ternyata, dua dari 8 pemain yang mendapat panggilan dan juga mengikuti TC bersama Timnas Indonesia itu tak kunjung diturunkan. Keduanya absen di laga kandang maupun tandang versus Brunei. Dua pemain tersebut adalah Rafael Struick dan Marselino Ferdinan. Marselino bahkan tak dibawa ke Brunei. Sementara Rafael, dirinya tetap dibawa ke sana namun tetap tak mendapat menit bermain sedikitpun. Hal ini pun memantik reaksi dari klub Rafael Struick ADO Den Haag.

“Indonesia memenangkan pertandingan atas Brunei dengan sangat meyakinkan. Indonesia memenangkan pertandingan kandang dan tandang dengan skor 6-0,” tulis ADO Den Haag di laman resminya Sabtu (21/10) kemarin.

“Sementara Struick tidak dimasukkan dalam pertandingan pada pertemuan sebelumnya karena cedera ringan, penyerang tersebut berada di bangku cadangan pada game kedua. Namun, dia tidak mendapat menit bermain sama sekali, namun melihat negaranya memainkan pertandingan dengan baik,” tutup klub divisi kedua itu.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment