Timnas Indonesia

Papua Dijadikan Calon Tuan Rumah untuk Piala AFF U-16 2024



NOBARTV NEWS – Papua kemungkinan besar akan menjadi calon tuan rumah untuk ajang sepakbola U-16 2024.

Sebentar lagi, even sepakbola untuk kelompok umur di Asia Tenggara yakni Piala AFF U-16 akan kembali digelar. Sejak tahun 2002, even ini sudah digelar sebanyak 15 kali. Untuk sendiri, skuad Garuda Asia sudah meraih dua kali juara. Pertama pada tahun 2018 ketika mereka dipimpin oleh Fakhri Husaini dan kedua pada tahun 2022 lalu ketika skuad Garuda Asia dinakhodai Bima Sakti.

Menariknya, dua gelar yang pernah direngkuhnya itu mereka dapatkan ketika Indonesia sedang bertindak sebagai tuan rumah. Ya, di tahun 2018 dan 2022, Indonesia adalah tuan rumah untuk ajang tersebut. Sejatinya, sudah beberapa kali Timnas Indonesia bertindak sebagai tuan rumah namun hanya di dua edisi tersebut mereka mampu merebut gelar juara.

Melansir dari Wikipedia, pada tahun 2024 ini, Indonesia lagi-lagi akan bertindak sebagai tuan rumah untuk ajang tersebut. Dengan statusnya sebagai juara bertahan sekaligus tuan rumah, Indonesia – dalam even Piala AFF U-16 2024 jelas mengincar gelar lagi. Adapun untuk pelatihnya, skuad Garuda Asia kini dipimpin oleh pelatih baru yakni Nova Arianto.

Terlepas dari itu, ada sisi menarik terkait status tuan rumah yang akan dipegang lagi oleh Indonesia. Biasanya, even Piala AFF baik untuk tim senior maupun junior kerap terpusat di pulau Jawa saja. Namun khusus untuk Piala AFF U-16 2024, PSSI berencana untuk menjadikan pulau Papua sebagai venuenya.

Kemarin (Rabu 06/03/24), Perwakilan Pemprov dan Asprov PSSI papua melakukan peninjauan ke Stadion Lukas Enembe. Stadion ini masuk dalam rencana venue untuk ajang sepakbola yang akan digelar pada 17 sampai 29 Juni 2024. Selain Stadion Lukas Enembe, perwakilan PSSI dan Pemerintah Provinsi Papua juga melakukan kunjungan ke beberapa stadion lain seperti Barnabas Youwe Sentani, Lapangan Universitas Cenderawasih Mahacendra, Lapangan Hamadi dan Stadion Mandala.

Papua Dijadikan Calon Tuan Rumah untuk Piala AFF U-16 2024
Stadion Papua Bangkit di siang hari (sumber: IG @stadionpapuabangkit)

Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Papua, Suzana Wanggai menyebut pihaknya siap mendukung penuh pelaksanaan even tersebut.

“Hari ini kita sudah mendampingi tim inspeksi dari PSSI bersama Asprov PSSI Papua dan prinsipnya bahwa kami sangat siap untuk menjadi tuan rumah perhelatan Piala AFF U 16. Jadi kita berdoa semoga hasil dari inspeksi ini kita bisa di approve sebagai tuan rumah,” terang Suzana kepada para wartawan.

“Nanti kita lihat hasilnya seperti apa, apa yang akan mereka inventarisasi kan dan tentukan standar-standar yang harus kita ikuti jadi nanti kita akan lihat apa saja. Dan sementara kita menunggu, mudah-mudahan secepatnya sebelum mereka kembali, supaya kita bisa laporkan ke Pj. Gubernur, tetapi intinya kita sudah menyatakan siap untuk menjadi tuan rumah Piala AFF U 16,” ucapnya menambahkan.

Lebih lanjut, katanya lagi, Penjabat Gubernur Papua sangat mengapresiasi rencana PSSI menjadikan Papua sebagai lokasi pertandingan sepakbola antar negara Asia Tenggara itu.

“Gubernur sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada PSSI karena sudah menunjuk Papua sebagai calon tuan rumah, ini luar biasa. Provinsi lain juga ingin menjadi tuan rumah, tapi Papua yang dipikirkan dan ditunjuk jadi calon tuan rumah, kami sangat bangga dan menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada PSSI,” ujarnya memungkasi.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *