Timnas Indonesia

STY Beberkan Alasan Gunakan Banyak Pemain Muda di Piala Asia 2023

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Pelatih Shin Tae-yong mengungkapkan alasannya memakai banyak pemain muda di Piala Asia 2023.

Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu, Shin Tae-yong telah memilih 26 pemain terbaiknya untuk mengikuti even Piala Asia 2023. Dari 28 pemain yang diboyongnya ke pemusatan latihan di Turki beberapa waktu lalu, Shin hanya mencoret dua nama. Dua pemain tersebut adalah Adam Alis (Borneo FC) dan Arkhan Fikri (Arema FC). Sementara itu, seluruh pemain abroad dan naturalisasi yang dipanggilnya ke TC tersebut dibawa tanpa terkecuali. Termasuk juga dengan Justin Hubner yang baru-baru ini diresmikan sebagai WNI. Kendati demikian, keduanya – Arkhan Fikri dan Adam Alis tetap ikut rombongan ke Qatar selaku tuan rumah untuk even sepakbola terbesar di benua Asia itu.

Menariknya, meskipun skuad Garuda merupakan salah satu tim terlemah (jika dilihat dari rangking FIFA), namun langkah yang diambil oleh sang pelatih cukup terbilang berani. Ya, bagaimana tidak, setelah belasan tahun absen di even tersebut, dan ketika mereka dinyatakan tampil lagi, Shin Tae-yong dengan berani memasukkan banyak sekali pemain muda. Bahkan, skuad Garuda menjadi tim dengan usia rata-rata termuda di antara 23 kontestan lainnya.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Usut punya usut, Shin memiliki alasan tersendiri menggunakan banyak pemain muda di dalam skuad yang diasuhnya itu. Jika dilihat-lihat, pemain termuda skuad Garuda di Piala Asia 2023 ini dipegang oleh Marselino Ferdinan. Gelandang serang KMSK Deinze itu tercatat baru berusia 19 tahun. Selain Marselino, satu punggawa Timnas Indonesia lainnya yang memiliki usia sama adalah Hokky Caraka. Sementara untuk pemain tertua, kapten Johor Darul Takzim Jordi Amat menjadi pemain paling senior di skuad Garuda dengan usia 31 tahun. Dan jika diambil secara keseluruhan, punggawa Timnas Indonesia memiliki usia rata-rata 22,5 tahun.

STY Beberkan Alasan Gunakan Banyak Pemain Muda di Piala Asia 2023
Beberapa pemain muda Timnas Indonesia

Sementara di posisi kedua, Timnas Vietnam dengan usia rata-rata 23,3 tahun disusul Jepang 23,7 dan Uzbekistan dengan usia rata-rata pemainnya 23,9 tahun.

“Memang secara keseluruhan kami sudah melakukan regenerasi,” terang pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Dengan banyaknya pemain muda, Shin Tae-yong optimis sepakbola Indonesia bisa berkembang dan mampu berprestasi di ajang Piala Asia ini.

“Jadi saya yakin sepak bola Indonesia pasti bisa berkembang jika kami mampu berprestasi di Piala Asia ini dengan pemain-pemain muda,” ucapnya menambahkan.

“Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan dan membuat prestasi dengan pemain-pemain muda ini,” pungkas pria asal Korea Selatan itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid