Timnas Indonesia

Disebut Bakal Tampil di Turnamen Mini di Spanyol, Asisten STY Malah Kebingungan: Itu Kabar dari Mana?



NOBARTV NEWS – Rumor di berbagai media terkait turnamen mini yang akan diikuti Garuda muda di Spanyol ternyata belum jelas statusnya. Asisten STY Nova Arianto justru kebingungan dengan rumor yang menyeruak sejak beberapa hari yang lalu itu.

Sebagaimana diketahui, U-20 baru saja menyelesaikan seluruh uji cobanya di Turki. Selain itu, mereka juga telah rampung mengikuti pemusatan latihan yang sudah memakan waktu kurang lebih tiga mingguan itu.

Dari tujuh laga uji coba di Turki, skuad asuhan STY telah mengemas 3 kali kemenangan, 2 kali meraih hasil imbang, dan 2 kali pulang menelan kekalahan.

Sebetulnya, uji coba tersebut tidak sebanyak seperti yang sudah dilakoni (7 kali). Hal ini dikarenakan mereka seharusnya sudah berada di Spanyol. Sayang, karena visa yang tak kunjung rampung, mereka pun mendapatkan kesempatan untuk melakukan tiga uji coba tambahan yakni melawan Antalyaspor U-20, Baerum SK U-20, dan Al-Adalah FC.

Baca Juga:  Begini Kata Pelatih Korea Selatan soal Duel dengan Indonesia di Babak 8 Besar

Direncanakan, besok atau 15 November 2022 Marselino Ferdinan dkk akan bertolak ke Spanyol. Di sana, mereka akan mengikuti pemusatan latihan lanjutan dan konon bakal turut di sebuah turnamen mini sepak bola. Namun lucunya, Nova Arianto selaku asisten Shin Tae-yong di Timnas U-20 membantah. Eks pemain Timnas Indonesia itu tampak kebingungan dengan rumor tersebut.

Dalam website resminya, penyelenggara turnamen mini itu disebut telah mengundang 10 tim dan ke-10 tim tersebut diharapkan turut serta dalam ajang yang mereka helat.

“Tim U-21 dari Norwegia dan Republik Ceko, tim U-20 dari Prancis, Jepang, Arab Saudi, Slovakia, dan Indonesia, serta tim U-19 dari Spanyol, Republik Ceska, dan Denmark akan bertemu di Pinatar Arena,” tulis Pinatar Arena.

Dalam jadwal pertandingan, Indonesia bahkan telah memiliki dua calon lawan yakni Timnas Prancis U-20 dan Timnas Slovakia. Pertandingan itu dijadwalkan akan dilangsungkan pada 17 November (Vs Prancis) dan dua hari sesudahnya (Vs Slovakia).

Baca Juga:  Bebas dari Hukuman, Sananta Bisa Dimainkan di Laga Indonesia vs Korea Selatan

Ketika dikonfirmasi terkait keikutsertaan anak asuhnya itu, Nova Arianto dengan tegas membantah. Ia sendiri sebagai staf pelatih Timnas U-20 mengaku tak tahu dengan rencana tersebut.

“Itu kabar dari mana? karena dari awal kita memang tidak ada update untuk ikut turnamen selama di Spanyol,” papar Nova Arianto.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan sendiri mengatakan pihaknya telah mengetahui dan mendapatkan undangan untuk mengikuti turnamen tadi. Hanya saja, kata pria yang biasa disapa Iwan Bule ini menyerahkan keputusan itu (ikut atau tidak) kepada pelatih Shin Tae-yong. Jadi, memang benar di turnamen itu PSSI mendapatkan undangan. Dan benar pula bahwa pihak Timnas Indonesia U-20 yang berada di Turki tidak tahu sama sekali dengan turnamen itu.

“Kita tunggu kabar dari Shin Tae Yong, nanti malam kami akan komunikasi. Soal administrasi kalau sudah dipenuhi bisa langsung ke Spanyol, pas berangkat visanya belum keluar,” jelas orang nomor satu di PSSI itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid