Timnas Indonesia

Cyrus Margono Tetap Ingin Jadi WNI Meski Tak Diminati STY

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Pemain Panathinaikos B Cyrus Margono tetap ingin ingin menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) meskipun sang pemain tidak masuk dalam rencana Shin Tae-yong.

Diketahui, beberapa bulan terakhir, sepakbola Indonesia diwarnai dengan topik yang cukup beragam. Dari , lolosnya ke Piala Asia 2023, laga FIFA Matchday kontra Argentina, hingga gosip yang tak pernah pudar yakni mengenai pemain naturalisasi.

Ya, semenjak tahun lalu, PSSI sangat gencar melakukan proses naturalisasi. Proses naturalisasi tersebut dilakukan sejak era Mochamad Iriawan hingga kini di era kepemimpinan Erick Thohir.

Sejauh ini, dalam kurun waktu satu tahun ke belakang, PSSI resmi menaturalisasi lima pemain. Mereka adalah Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, dan Rafael Struick. Bahkan, ke-lima pemain tersebut sudah pernah mencatatkan caps bersama skuad Garuda.

Sandy menjalani debut tatkala FIFA Matchday September melawan Turkmenistan. Ivar Jenner dan Rafael Struick di laga kontra Palestina. Shayne Pattynama ketika Timnas Indonesia bertemu Argentina. Adapun Jordi Amat, ia menjalani debutnya pada tahun lalu ketika skuad Garuda tampil di ajang 2022.

Baca Juga:  Dari Wasit Utama hingga VAR, Berikut 7 Perangkat Pertandingan Indonesia vs Irak

Selain ke-lima nama tersebut, beberapa pemain keturunan terpantau ingin mengikuti proses naturalisasi tersebut. Akan tetapi, tak semua pemain keturunan itu yang mendapat persetujuan dari PSSI – terlebih dari sang pelatih Shin Tae-yong. Sebab sampai saat ini, proses naturalisasi akan mulai dilakukan ketika Shin menginginkannya.

Tetapi, dari kabar terbaru, PSSI atas persetujuan Shin Tae-yong diketahui sedang melakukan proses naturalisasi terhadap pemain Venezia Jay Idzes. Pemain Serie-B tersebut juga telah datang ke Indonesia. Kedatangannya saat itu disambut baik oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Menurut kabar yang beredar, Jay Idzes dinaturalisasi demi menambah kekuatan lini belakang Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Selain Jay Idzes, salah satu pemain keturunan yakni Cyrus Margono disebut-sebut sedang melakukan proses untuk menjadi WNI. Hanya saja, proses yang dilakukan Cyrus tidak sama seperti Jay Idzes (naturalisasi). Untuk Cyrus, dulunya, ia pernah menyandang status sebagai WNI. Akan tetapi, status tersebut dicabut ketika sang pemain berusia 21 tahun. Sebab di saat umur 21 itu, Cyrus belum memutuskan untuk memilih kewarganegaraannya Indonesia atau Amerika Serikat.

Baca Juga:  Pemain Irak Dukung Skuad Garuda Kalahkan Guinea di Play Off Olimpiade Paris 2024

Namun kini, dengan mantap, ia memastikan diri untuk mengambil kewarganegaraan Indonesia itu kembali. Hal ini dilakukan Cyrus agar dirinya diminati oleh Timnas Indonesia. Sebab diketahui, Cyrus sejak tahun lalu sudah mengungkapkan keinginannya untuk menjadi bagian dari skuad Garuda.

Tapi sayangnya, meskipun sang pemain sudah mengungkapkan keinginannya itu dengan jelas, tapi PSSI belum menaruh minat kepadanya. Sebab berdasarkan keterangan Exco PSSI Arya Sinulingga, Shin Tae-yong belum menarik perhatiannya kepada pemain dengan posisi penjaga gawang itu.

“Sampai hari ini Cyrus Margono tidak masuk diusulkan oleh Shin Tae-yong,” kata Arya Sinulingga.

“Naturalisasi dilihat dulu kalau dia dibutuhkan oleh negara. Jadi tidak bisa sekadar pindah warga negara nanti dia sama dengan pemain naturalisasi lain saja,” ucapnya menambahkan.

“Apakah Shin Tae-yong butuh atau tidak? Kalau tidak, butuh dipanggil atau tidak?” pungkasnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid