Timnas Indonesia

STY Kecewa Jumlah Penonton Timnas Indonesia Dibatasi: Saya Ingin Stadion Penuh!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Laga perdana vs Kamboja beberapa waktu lalu memang dihadiri oleh penonton. Namun jumlah kehadiran tersebut jauh dari kapasitas yang dimiliki stadion. Hal itu memantik komentar sang pelatih Shin Tae-yong.

Diketahui, laga Indonesia vs Kamboja kemarin merupakan laga pertama sepak bola Indonesia yang bisa disaksikan langsung oleh suporter di dalam stadion. Sebab dalam kurun dua bulanan ini, tak satupun pertandingan sepak bola di tanah air yang boleh disaksikan secara langsung oleh penonton. Larangan (suporter hadir) tersebut tak lain buntut dari Tragedi Kanjuruhan.

Jadi, meskipun kompetisi dilanjutkan lagi, namun ada persyaratan dan perubahan yang menjadi syarat agar kompetisi bisa dilaksanakan lagi. Salah satunya adalah larangan bagi semua penonton untuk hadir secara langsung di dalam stadion.

Namun peraturan tersebut menjadi pengecualian ketika Timnas Indonesia bertanding di 2022. Jadi, selama pagelaran Piala AFF 2022 ini, suporter Timnas Indonesia diperbolehkan menyaksikan pertandingan tersebut secara langsung di dalam stadion. Hanya saja, jumlah kehadiran suporter tetap dibatasi sesuai dengan surat izin yang dikeluarkan oleh Kepolisian RI.

Baca Juga:  Kabar Baik dan Buruk untuk Skuad Garuda Jelang Indonesia vs Yordania: Jenner Kembali, Sananta Didenda AFC

Dalam peraturan yang dikeluarkan Polri itu, jumlah penonton yang diperbolehkan hadir di laga Timnas Indonesia vs Kamboja tidak lebih dari 25 ribu orang. Padahal, kapasitas penonton untuk Stadion Gelora Bung Karno sendiri mencapai 77 ribu orang.

“Ini kan masih uji coba karena sejak kejadian di Stadion Kanjuruhan. Baru kali ini suporter bisa kembali ke stadion. Jadi, kalau pertandingan aman, sukses, tertib, pasti pihak pemerintah akan mengevaluasi untuk menambah suporter di SUGBK,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Dan benar, ketika Timnas Indonesia melawan Kamboja kemarin, banyak space kosong yang tak diduduki oleh penonton. Pembatasan jumlah suporter itu diakui Shin sebagai penyebab anak asuhnya tidak tampil maksimal. Sebagaimana diketahui, di laga tersebut, Timnas Indonesia hanya menang tipis atas Kamboja 2-1. Shin pun amat kecewa dengan pembatasan jumlah penonton tersebut.

Baca Juga:  Abu Zema Jelang Duel Indonesia vs Yordania: Laga yang Sulit!

“Saya ingin stadion dipenuhi oleh penonton. Ke depannya, saya ingin penonton yang lebih banyak, agar tim Indonesia bisa mendapat dukungan mental,” kata Shin usai laga tersebut.

Namun kabar baiknya adalah, di laga melawan Thailand, suporter Timnas Indonesia berpeluang bertambah banyak. Karena diketahui, di laga kontra Thailand, jumlah kehadiran suporter mendapatkan penambahan meski masih dibatasi. Jumlah suporter yang diperbolehkan hadir di laga panas tersebut berjumlah 40 ribu orang.

Meski jumlah tersebut masih jauh dari kata penuh, namun setidaknya patut untuk kita syukuri karena skuad Garuda akan mendapatkan lebih banyak dukungan dibandingkan dengan laga sebelumnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

27 Comments