Intermezzo

Ketum PSSI Harap Wasit Indonesia Lolos ke Piala Dunia

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Ketua Umum PSSI Erick Thohir berharap suatu hari nanti, ada wasit asal Indonesia yang memimpin pertandingan di Piala Dunia.

Sebagaimana diketahui, Piala Dunia merupakan even terbesar yang ada saat ini. Even ini jauh lebih besar dari even apapun di dunia. , , hingga Piala Asia tak apa-apa dibandingkan dengan turnamen yang mempertemukan tim-tim terbaik di dunia tersebut.

Ya, hanya di even ini saja, tim-tim terbaik dari berbagai benua saling berjumpa. Selain itu, mungkin, pertemuan antara benua hanya terjadi di ajang FIFA Matchday saja. Namun di Piala Dunia, peluang untuk bertemu dengan berbagai tim beda benua semakin sering terjadi.

Bukan hanya itu saja, banyak sekali kejutan yang terjadi di even ini. Kejutan-kejutan tersebut membikin kita semakin bergairah untuk menyaksikannya. Barangkali, tim-tim yang berasal dari Eropa dan Amerika Latin masih menjadi primadona di even ini. Tapi bukan berarti tim-tim lain beda benua bisa diremehkan begitu saja.

Masih ingat dengan Timnas Arab Saudi di kemarin? Setelah lama absen di Piala Dunia, Arab Saudi akhirnya kembali mentas mewakili negara Asia. Lalu, apa yang terjadi di Piala Dunia 2022 tersebut? Arab Saudi berhasil mengalahkan Timnas Argentina – yang ternyata di akhir turnamen keluar sebagai pemenangnya.

Atau, kita bisa lihat bagaimana Maroko – tim asal Afrika yang awalnya tak terlalu diperhitungkan itu justru mampu mencapai babak semifinal. Bahkan, tak hanya sampai di sana saja, adapula tim asal Asia lainnya yakni Timnas Jepang yang berhasil mengalahkan dua mantan juara Piala Dunia yakni Jerman dan Spanyol. Jerman yang notabenenya merupakan juara Piala Dunia 2014 itu dipermalukan Samurai Biru dengan skor akhir 1-2. Adapun ketika bertemu dengan Ferran Torres dkk, Jepang kembali mencatatkan kemenangan dengan skor yang sama (1-2).

Oleh karenanya, tim yang tampil di even ini benar-benar merasakan sesuatu yang berbeda dari even yang pernah diikutinya sebelumnya. Piala Dunia bagaikan puncak tertinggi seorang pemain untuk merasakan gairahnya sebagai pesepakbola.

Bagi , barangkali, untuk saat ini hanyalah sebatas mimpi untuk tampil di even tersebut. Namun secara perlahan, diawali rutin tampil di Piala Asia, lama kelamaan bisa bermain di Piala Dunia.

Walaupun demikian, Ketua Umum PSSI Erick Thohir berharap – walaupun Timnas Indonesia belum bisa menginjakkan kakinya di even tersebut, namun wasit asal tanah air bisa memimpin di kompetisi ini. Jika ada wasit asal Indonesia memimpin pertandingan Piala Dunia, maka itu adalah sebuah penghargaan bagi sang wasit – sekaligus puncak pengakuan FIFA kepadanya.

“Kalau bicara kualitas kami harus standar Asia dulu dengan nanti pelan-pelan bisa meloloskan wasit ke Piala Dunia, di kejuaraan apa begitu,” kata Erick Thohir dalam konferensi pers kemarin.

“Tapi, kan, kembali yang namanya membangun perwasitan atau timnas, ini perlu waktu jangka panjang. Satu bulan lagi ada kejutan lagi, sabar, kami sudah rapat, pelan-pelan sebentar lagi fotonya beredar,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment