Timnas Indonesia

Lewat Kongres FIFA di Rwanda, Erick Thohir Buka Peluang Kerjasama dengan Federasi Sepak Bola Australia

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Selain melakukan kerjasama dengan JFA (Federasi Sepak Bola Jepang), Erick Thohir juga melakukan komunikasi dengan Presiden FFA (Federasi Sepak Bola Australia) Chris Nikou terkait kemungkinan untuk bekerjasama dalam bidang sepak bola.

Sebagaimana diketahui, pada Senin lalu, Erick Thohir, Ratu Tisha, dan salah satu anggota Exco mewakili PSSI ke Kongres FIFA di salah satu negara Afrika Rwanda. Kongres tersebut sudah selesai dilakukan dan menghasilkan beberapa keputusan baru. Salah satu adalah terpilihnya secara aklamasi Gianni Infantino sebagai orang nomor satu di FIFA. Gianni tak memiliki pesaing sehingga ia kembali menduduki kursi tersebut.

Di kesempatan yang sama (Kongres FIFA), Erick Thohir melakukan beberapa komunikasi dengan beberapa federasi sepak bola yang hadir. Salah satu calon lawan di FIFA Matchday bulan Juni (Palestina) ini juga bisa dipastikan berkat pertemuan Erick dengan salah satu pimpinan federasi sepak bola lewat Kongres FIFA tersebut. Di kongres itu, Erick Thohir berhasil meyakinkan Timnas Palestina untuk melakukan laga FIFA Matchday pada bulan Maret mendatang. Bahkan, kata Wakil Ketua Umum PSSI Amali ketika dihubungi, atasannya itu juga melakukan negosiasi dengan AFA (Federasi Sepak Bola Argentina) untuk mempertemukan Lionel Messi cs dengan skuad Timnas Indonesia di FIFA Matchday bulan Juni tersebut.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Selain itu, Erick juga melakukan pertemuan dengan beberapa pemimpin federasi sepakbola untuk melakukan kerjasama. Salah satu yang ditemui Erick adalah Tashima Kohzo. Tashima merupakan Presiden JFA yang turut hadir di Kongres FIFA tersebut. Kabar baiknya, JFA sepakat untuk berkolaborasi dengan PSSI untuk sama-sama mengembangkan sepak bola tanah air terkait dengan liga, perbaikan wasit, hingga pengembangan sepak bola putri di Indonesia.

“Saya bertemu dengan Presiden JFA, Tashima Kohzo. Kami berbicara tentang potensi kolaborasi kedua federasi,” kata Erick Thohir.

“Fokus area kolaborasi adalah mengenai pengembangan liga, perbaikan wasit dan pengembangan sepak bola putri di Indonesia,” ujarnya menambahkan.

Selain JFA, Erick ternyata melakukan pertemuan dengan Presiden SAFF (Federasi Sepak Bola Arab Saudi) Yaser Al Misehal dan Chris Nikou selaku Presiden FFA.

“Alhamdulillah, SAFF siap membantu menyukseskan di Indonesia, meski tim Arab Saudi tidak lolos ke putaran Piala Dunia U-20. Saya juga menginginkan SAFF bisa membantu PSSI membangun aplikasi seluler untuk fans sepak bola Indonesia. Aplikasi seluler MySAFF sangat efektif meningkatkan keterlibatan fans sepak bola Arab Saudi dan memberikan informasi ke fans terkait sepak bola di Arab Saudi,” kata Erick Thohir lagi.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

“Setelah Kongres FIFA, saya bertemu dengan Presiden dari Football Federation of Australia (FFA) Chris Nikou,” cerita pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

“Kami berbicara mengenai kerja sama organisasi antara PSSI dan FFA. Selain itu, kami juga membicarakan kerja sama regional untuk pengembangan sepak bola di Asia Tenggara,” tambahnya.

“Perbincangan dengan Chris sangat menarik. Terlebih ada kedekatan emosional juga karena kita sama-sama bagian dari keluarga besar Asean Football Federation (AFF),” pungkas mantan Presiden Inter Milan tersebut.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment