Timnas Indonesia

Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17, PSSI Sebut Indonesia Punya Potensi Luar Biasa

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut Indonesia memiliki potensi luar biasa sehingga terpilih sebagai tuan rumah 2023.

Sebagaimana diketahui, Indonesia pada awalnya berstatus sebagai tuan rumah untuk ajang 2023. Terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah untuk ajang tersebut sudah diumumkan sejak bertahun-tahun yang lalu.

Maka daripada itu, untuk menyiapkan diri menjadi tuan rumah di even kelas internasional tersebut, PSSI dan Pemerintah RI berkolaborasi untuk menjadikan ajang tersebut sebagai ajang terbaik. PSSI mengirimkan pemain mudanya untuk melakukan pemusatan latihan (TC) di dalam dan luar negeri tanpa henti. Pemerintah RI – dalam hal ini Menteri PUPR mempercantik stadion-stadion yang akan digunakan untuk ajang tersebut.

Tapi mirisnya, beberapa hari menjelang drawing Piala Dunia U-20 saat itu, FIFA mencabut hak Indonesia sebagai tuan rumah. FIFA menganggap Indonesia tak bisa memberikan jaminan keamanan bagi kontestan yang akan bertanding di ajang tersebut.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Ya, beberapa hari sebelum drawing Piala Dunia U-20 dilakukan, berbagai gelombang protes disuarakan oleh organisasi masyarakat hingga kepala daerah. Mereka memprotes kehadiran salah satu kontestan yaitu Timnas Israel. Israel dianggap sebagai bangsa penjajah Palestina yang di mana Palestina merupakan negara sahabat Indonesia. Selain itu, negara mayoritas muslim (Palestina) tersebut menjadi salah satu negara yang selalu memberikan dukungannya kepada Indonesia. Kedekatan kedua negara ini membuat masyarakatnya memiliki hubungan lebih dari kata sahabat namun lebih kepada saudara.

Akibat gelombang protes itu, FIFA pada akhirnya membatalkan status tuan rumah bagi Indonesia. Tapi beruntungnya, walaupun status tersebut dicabut – bahkan Indonesia dikenai sanksi administratif oleh FIFA, namun Federasi Sepakbola Dunia itu justru masih memercayakan Indonesia sebagai tuan rumah untuk ajang internasional lainnya.

Setelah Peru dinyatakan batal sebagai tuan rumah untuk Piala Dunia U-17, FIFA kembali menaruh kepercayaan kepada Indonesia untuk menggantikannya. Kepastian itu diumumkan FIFA baru-baru ini lewat laman resminya.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut kepercayaan yang diberikan FIFA tak lepas dari potensi yang dimiliki tanah air. Erick meng-klaim Indonesia punya potensi luar biasa dari sepakbola.

“FIFA pasti melihat bahwa dari 273 juta penduduk Indonesia adalah 73 persen itu pecinta sepak bola. Jadi, mereka juga melihat ini potensi yang luar biasa,” kata Erick Thohir Sabtu kemarin.

“Ini GR-nya (gede rasanya) kami. Melihat mungkin. sepak bola kami benar-benar bangkit. Kemarin, di SEA Games bagus, lalu pertandingan FIFA Matchday antara melawan Palestina Argentina yang ramai. Hasilnya juga baik tidak ada isu aneh-aneh,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment