Piala Dunia 2022

Hasil Iran vs Amerika Serikat Piala Dunia 2022: USA Tumbangkan Wakil Asia dan Kunci Tiket 16 Besar



NOBARTV NEWS – Pertandingan antara Iran versus Amerika Serikat di laga ketiga babak fase grup berakhir dengan skor 0-1 untuk kemenangan USA.

Iran dan Amerika Serikat tampil sengit di pertandingan yang digelar di Stadion Al Thumama pada 30 November 2022 tersebut.

Stu gol kemenangan Amerika Serikat dicetak oleh pemain Chelsea, Christian Pulisic.

Berkat kemenangan di laga pamungkas babak fase grup ini, Amerika Serikat mendapat tiket lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, sementara itu Iran harus tersingkir.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Amerika Serikat mampu tampil lebih dominan di babak pertama, baik dalam hal penguasaan bola maupun serangan. Di sisi lain, Timnas Iran tampil lebih bertahan dan menunggu.

Timnas USA atau Amerika Serikat tampak cukup bagus dalam membangun serangan, mereka memakai cara passing-passing pendek dalam build up serangan. Lini tengah USA yang diisi oleh Musah dan McKennie mampu tampil cair dan leluasa dalam mengalirkan bola ke setiap lini.

Sementara itu, Iran memilih untuk menempatkan empat hingga lima pemainnya di lini bertahan, bahkan hanya meninggalkan dua pemain di lini depan yakni Azmoun dan Taremi. Iran sebenarnya mampu memegang bola, namun mereka cukup kesulitan dalam membangun serangan.

Serangan-serangan yang dibangun Iran tampak terlalu terburu-buru. Iran mengandalkan long ball dan terobosan-terobosan cepat dalam membangun serangan, hal itu tampak kurang efektif karena lini pertahanan USA mampu membaca permainan tersebut.

Di sisi lain, USA memanfaatkan lebar lapangan dalam membangun serangan, mereka mengalirkan bola-bola pendek dari sisi sayap kana maupun sayap kiri serta lini tengah untuk menggempur pertahanan Iran.

Sebenarnya, lini pertahanan Iran mampu tampil cukup baik dalam menghalau serangan USA. Namun, di menit ke-38 USA mampu mencetak gol usai berhasil membongkar pertahanan rapat Iran.

Mulanya, bek kana USA, Dest mampu lepas dari pengawalan bek Iran, Dest yang berada di kotak penalti langsung mengoper bola ke Pulisic di sisi tengah, Pulisic yang juga tanpa pengawalan mampu mencetak gol. Skor pun berubah jadi 0-1 untuk keunggulan Iran.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by U.S. Soccer MNT (@usmnt)

Usai berhasil unggul, USA mampu lebih percaya diri lagi dalam bermain. Di sisi lain, Iran berusaha keluar menyerang namun kerap gagal.

Hingga babak pertama usai, skor 0-1 untuk keunggulan Amerika Serikat tidak berubah.

Babak Kedua

Timnas Amerika Serikat masih mampu tampil lebih dominan di babak kedua. Namun intensitas serangan USA di babak kedua tidak seperti babak pertama. USA juga tampak tidak mau terlalu menekan karena fokus menjaga garis pertahanan.

Di sisi lawan, Iran mencoba menekan dan membuka celah yang ada di lini pertahanan USA. Namun, serangan Iran tampak kurang bertenaga, dan mudah dibaca oleh pertahanan Amerika Serikat.

Pada saat memasuki 15 menit akhir pertandingan, Iran melakukan rotasi pemain dan mencoba menekan USA dengan banyak pemain, bahkan Iran hanya meninggalkan 2-3 pemainnya di lini pertahanan.

Sayangnya, Iran masih kesulitan untuk mencetak gol ke gawang USA.

Hingga pertandingan usai, skor 0-1 untuk kemenangan Amerika Serikat tidak berubah.

Dengan hasil ini, Amerika Serikat jadi runner up Grup B Piala Dunia 2022 dengan 5 poin. Sedangkan Iran berada di posisi ketiga Grup B dengan 3 poin.

Susunan Pemain Sejak Menit Awal

Iran: A Beiranvand, M Pouraliganji, M Hosseini, M Mohammadi, Ramin R, S Ezatolahi, A Nourollahi, E Hajisafi, A Gholizadeh, M Taremi, S Azmoun

Amerika Serikat: M Turner, C Carter V, T Ream, A Robinson, S Dest, Y Musah, T Adams, W McKennie, J Sargent, T Weah, C Pulisic

Itulah ulasan jalannya pertandingan Iran v Amerika Serikat di laga ketiga babak fase grup Piala Dunia 2022.


Ferdian Indarto

Seorang penulis artikel yang juga suka futsal dan nonton sepakbola, terutama Liga-liga top dunia. Liga favoritnya adalah liga Inggris dan pemain bintang favoritnya seorang Sergio Aguero.

4 Comments