Timnas Indonesia

Ditanyai Terkait Kehadiran Penonton di Laga Kandang Timnas Indonesia, Dirtek PSSI Mengaku Kurang Tahu

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengatakan tak tahu menahu terkait izin suporter dalam laga kandang di 2022. Meskipun demikian, ia berharap izin tersebut diberikan agar pemain lebih bersemangat dalam memainkan pertandingan.

Diketahui, laga perdana Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 akan berlangsung kurang dari satu minggu lagi. Dijadwalkan, pada tanggal 23 mendatang, Marc Klok dkk akan menjamu Timnas Kamboja. Selain akan menjamu Kamboja, anak asuh STY itu juga akan menjamu Timnas Thailand yang notabenenya merupakan juara bertahan.

Hanya saja, sampai detik ini, PSSI belum mendapatkan kepastian terkait kehadiran suporter. Ya, sejak Tragedi Kanjuruhan beberapa bulan lalu, tak satupun pertandingan sepak bola di Indonesia yang boleh dihadiri oleh penonton. Baik itu ketika Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 atau ketika dilanjutkan kembali.

Akibat hal itu, nasib Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 ikut terganggu. Di saat tim-tim lain sudah memberikan pengumuman terkait tiket laga kandang mereka, Timnas Indonesia justru masih terbentur dengan izin keamanan dan keramaian.

Baca Juga:  Begini Kata Pelatih Korea Selatan soal Duel dengan Indonesia di Babak 8 Besar

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri yang ditemui pun tak bisa berkomentar banyak. Sebab satu-satunya pihak yang memiliki wewenang terkait izin keramaian ini adalah pihak kepolisian. Jika Polri sudah memberikan lampu hijau, maka sudah dipastikan laga Timnas Indonesia nanti akan dihadiri oleh penonton.

“Saya kurang tahu persis apakah ada atau tidak ada penonton. Tapi ya memang tentu berharapnya ada penonton. Bukan apa-apa, namun bermain dengan penonton jauh lebih bagus, apalagi kami sebagai tuan rumah,” kata Indra Sjafri kemarin.

Sebetulnya, PSSI sendiri sudah meminta izin. Hanya saja, sampai detik ini, pihak PSSI belum mendapatkan surat balasan dari pihak kepolisan. Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

“Kalau izin Insha Allah saya sudah mulai lihat turunan, izin dari Polsek, Polres. Tapi kalau untuk penonton kami serahkan ke pihak kepolisian, kami selaku ketua federasi menginginkan itu,” kata pria yang biasa disapa Iwan Bule.

Baca Juga:  Kekuatan PSSI Kembali Terbukti, Nathan Tjoe-A-On Gabung ke Timnas U-23 Lagi

Selain Direktur Teknik dan Ketua Umum tadi, salah seorang pemain Timnas Indonesia juga ikut bersuara. Adalah Asnawi Mangkualam Bahar. Pemain Ansan Greeners itu menjadi orang pertama dari skuad Timnas Indonesia yang menyuarakan aspirasinya lewat media sosialnya.

Mantan pemain PSM Makassar itu mengatakan bahwa kehadiran suporter bagi Timnas Indonesia adalah hal yang sangat penting. Asnawi mengkalim ia dan rekan-rekannya akan lebih bersemangat dan memiliki motivasi lebih jika pertandingan mereka disaksikan oleh suporter Timnas Indonesia.

“Jika kami dituntut untuk berprestasi. Untuk itu kami sangat berharap pemerintah dan polri dapat membantu kami untuk mewujudkan tujuan kita bersama,” tulis Asnawi.

“Dengan diberikannya izin suporter, karena kami sangat membutuhkan sorakan dan dukungan di dalam stadion, agar kami bisa bermain lebih semangat dan mendapatkan motivasi lebih.”

“It's out time, let's make it hapeen to be champions, Indonesia!”

“WE ARE READY!” tutup bek sayap Timnas Indonesia itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

37 Comments