Timnas Indonesia

Ansan Greeners Siap Lepas Asnawi, Sang Pemain Siap Turun Gaji Demi Main di K League 1



NOBARTV NEWS – Asnawi Mangkualam Bahar menjadi satu dari beberapa pemain abroad yang menunjukkan progres positifnya selama berkarir di luar negeri. Di musim keduanya bersama klub Korea Selatan Ansan Greeners, eks pemain PSM Makassar itu mencatatkan prestasi yang cukup positif.

Sebagaimana diketahui, Asnawi sudah bermain selama dua musim bersama klub berjuluk The Green Wolves itu. Dan di musim keduanya kemarin, Asnawi mencatatkan 26 penampilan dengan torehan 2 gol dan 2 assist.

Catatan tersebut jauh lebih baik dari musim sebelumnya (2020-2021). Di musim pertamanya itu, Asnawi hanya tampil sebanyak 14 kali dengan total bermain sebanyak 1004 menit tanpa pernah membukukan gol sama sekali.

Berkat penampilan ciamiknya di musim keduanya ini, tak sedikit klub Korea Selatan yang menginginkan jasanya. Bahkan ia sempat disebut-sebut akan hijrah ke klub raksasa Selatan Jeonbuk Hyundai Motors. Namun sampai saat ini, klub tersebut belum pernah melempar tawaran kepadanya. Rumor ketertarikan Jeonbuk pertama kali diungkapkan oleh jurnalis Sports Chosun, Bolmanchan beberapa bulan lalu.

Meski demikian, pihak Ansan Greeners tak menutup peluang jika ada klub yang ingin menggunakan jasa bek sayap ini.

“Kami menerima jika tawaran sesuai (dalam fee maupun kondisi) yang dapat membuat pemain berkembang di panggung yang lebih besar,” kata pihak Ansan Greeners.

Saat ini, kontrak pemain asli Makassar ini masih tertulis hingga 31 Desember 2023. Namun tak menutup kemungkinan jika ia hijrah ke klub lain – apalagi sang pemain sendiri ingin mengembangkan bakat dan bermain di level yang lebih tinggi.

Bahkan, Asnawi siap menerima gaji yang lebih kecil asalkan ia bermain di kasta tertinggi Liga Korea Selatan. Ia mengaku tak peduli (gaji) dengan hal itu.

“Jika saya bisa bermain di K-League 1, saya tidak peduli dengan gaji dapat berapa pun. Saya mau mencoba di level lebih tinggi,” terang Asnawi.

Saat ini, Asnawi sedang berada di Indonesia. Kompetisi kasta kedua Liga Korea Selatan telah selesai dan akan dimulai lagi tahun depan. Dan di masa liburannya ini, secara kebetulan Timnas Indonesia akan mengikuti even 2022 dan Asnawi terpilih sebagai salah satu pemain yang dipanggil STY.

Dan menariknya, Asnawi tidak menjadi satu-satunya pemain yang bermain di posisi bek sayap kanan Timnas Indonesia. Ia akan bersaing dengan pemain naturalisasi Timnas Indonesia Sandy Walsh untuk merebut posisi tersebut di Piala AFF 2022 nanti.

Menarik untuk menunggu racikan Shin Tae-yong dan menantikan siapa pemain pilihannya untuk mengisi pos (bek sayap kanan) tersebut di Piala AFF 2022 nanti.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

11 Comments