Timnas Indonesia

Buntut Pelemparan Bus Skuad Thailand, Pelatih Vietnam Minta Perlindungan Andai Jumpa Indonesia



NOBARTV NEWS – Timnas Vietnam akan memainkan laga terakhirnya di fase grup pada malam hari ini. Dijadwalkan, skuad asuhan Park Hang-seo itu akan melawan Timnas Myanmar. Jika menang, maka The Golden Stars dipastikan akan jumpa Indonesia di partai semifinal. Sang pelatih pun sudah meminta perlindungan jika nantinya skuad Vietnam bertandang ke markas Indonesia.

Sebagaimana diketahui, dipastikan finis di posisi kedua grup A 2022. Hasil imbang 1 kali dan meraih kemenangan 3 kali membuat skuad Garuda finis di posisi tersebut. Sebetulnya, poin yang dimiliki Marc Klok dkk sama dengan Timnas Thailand selaku pemuncak klasemen (10). Hanya saja, skuad Thailand unggul selisih gol dengan Timnas Indonesia.

Adapun di grup B, beberapa pertandingan masih belum terlaksana. Dijadwalkan, pada malam hari nanti, akan dihelat dua pertandingan yakni Timnas Vietnam vs Myanmar dan Singapura vs Malaysia.

Secara kualitas, Vietnam diprediksi menang mudah atas sang lawan. Apalagi, dalam tiga pertandingan awal, Myanmar tak pernah meraih kemenangan. Myanmar imbang satu kali dan menelan kekalahan dua kali. Sementara itu, dari tiga laga awal Vietnam, skuad asuhan Park Hang-seo itu telah mengemas 7 poin dari dua kemenangan dan satu kali imbang.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Jika Vietnam menang atas Myanmar dan di pertandingan lainnya Malaysia menang atas Singapura atau hanya meraih hasil imbang, maka Nguyen Quang Hai dkk dipastikan finis sebagai juara grup B. Jika hal itu benar terjadi, maka Vietnam akan berjumpa dengan Indonesia selaku runner-up grup A dalam babak semifinal. Karena posisi Vietnam tak mungkin terkejar sebagai juara grup B.

Park Hang-seo pun pernah mengomentari terkait peluang bertemunya Vietnam dan Indonesia. Sebab jika keduanya ditakdirkan untuk berjumpa, maka dipastikan salah satu laga semifinal akan dilangsungkan di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Mengingat beberapa waktu lalu skuad Thailand mendapatkan hal buruk karena bus yang ditumpanginya ditimpuk oleh suporter Indonesia, PHS pun meminta perlindungan berlebih jika Vietnam tandang ke markas Indonesia.

Karena ia tidak ingin hal serupa menimpa anak asuhnya.

“Kita sama-sama tahu, di setiap turnamen selalu saja ada fan gila, bahkan hooligan. Sepak bola adalah olahraga yang merangsang kebanggaan nasional dan kadang memicu perilaku irasional yang sulit dikendalikan. Saya pikir fan tak boleh seperti itu,” kata Park Hang-seo.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

“Saya tak tahu persis situasi yang dialami timnas Thailand. Namun, Vietnam harus lebih mencermati masalah ini saat melakoni laga tandang. Tim tandang perlu perlindungan lebih baik saat bermain di Indonesia. Saat mereka ke Vietnam, kami juga punya kewajiban melindungi mereka,” tambah pelatih asal Korea Selatan itu.

“Sejak lama, VFF sudah memiliki daftar kebutuhan yang harus dipenuhi untuk memastikan keselamatan para pemain kami, juga tim-tim lain ketika melakukan laga tandang,” tutup pelatih yang akan mengakhiri jabatannya dengan Vietnam usai Piala AFF 2022 itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

8 Comments