Timnas Indonesia

Erick Thohir Harap Skuad Garuda Asia Lolos dari Fase Grup Piala Dunia U-17 2023



NOBARTV NEWS U-17 tergabung dalam grup berat di ajang 2023. Menanggapi hal tersebut, Erick Thohir optimis anak asuh Bima Sakti itu mampu meloloskan diri dari babak penyisihan grup.

Seperti yang diketahui, pada malam hari tadi, bertempat di Zurich Swiss, telah dilaksanakan drawing Piala Dunia U-17 2023. Piala Dunia U-17 2023 sendiri akan dilakukan di Indonesia pada 10 Nopember hingga 2 Desember 2023.

Oleh sebab itu, babak drawing tersebut, Timnas Indonesia U-17 langsung ditempatkan di pot unggulan yakni pot 1. Di pot 1 tersebut, skuad Garuda Asia tergabung dengan tim-tim terbaik di dunia. Dan selayaknya tuan rumah pada umumnya, Arkhan Kaka dkk juga dipastikan berada di grup A. Mereka akan memainkan laga perdana di ajang tersebut.

Dan setelah drawing tersebut dilakukan, skuad Timnas Indonesia U-17 berada grup A dengan Timnas Ekuador U-17, Timnas Maroko U-17, dan Timnas Panama U-17. Ketiga tim tersebut merupakan perwakilan dari masing-masing pot dari 2 hingga 4.

Baca Juga:  Kerap Mengganggu, KBRI Doha Minta Fans Tidak Dekati Pemain Timnas Indonesia

Erick Thohir sendiri cukup optimis dengan hasil drawing itu. Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN tersebut yakin skuad Garuda Asia – yang dinahkodai oleh Bima Sakti bakal lolos dari babak penyisihan grup. Padahal, jika diamati lebih teliti, Indonesia sejatinya tergabung dalam grup yang cukup sulit.

Timnas Ekuador U-17 misalnya. Tim asal Amerika Latin ini sudah lolos sebanyak enam kali ke putaran final Piala Dunia U-17 termasuk dengan edisi 2023. Pada tahun 1995 dan 2015, Ekuador U-17 berhasil tembus hingga babak perempat final Piala Dunia U-17.

Sedangkan Maroko, Piala Dunia U-17 di Indonesia menjadi penampilan keduanya (2013 dan 2023) di ajang tersebut. Bahkan tim sekelas Panama U-17 saja sudah pernah mencicipi even ini sebanyak tiga kali. Pada edisi 2011, Timnas Panama U-17 lolos sampai babak 16 besar.

Baca Juga:  Maarten Paes Resmi Dikukuhkan sebagai WNI, Berpeluang Debut di Juni 2024

“Jangan gentar, walaupun kita lolos otomatis sebagai tuan rumah,” ujar Erick Thohir pada Jumat (15/9/2023)

“Mari kita tunjukan kalau kita juga pantas tampil di ajang Piala Dunia U-17 ini. Ini kocokan terbaik, saya punya harapan lain tapi tidak terwujud,” ujarnya menambahkan.

“Jika kita melhat tiga negara yang menjadi calon lawan, kita punya harapan. Semoga kita bisa lolos dari penyisihan,” pungkas eks Presiden Inter Milan itu.

Berikut hasil drawing Piala Dunia U-17 2023 Indonesia:

Grup A: Indonesia, Ekuador, Panama, Maroko

Grup B: Spanyol, Kanada, Mali, Uzbekistan

Grup C: Brasil, Iran, Kaledonia Baru, Inggris

Grup D: Jepang, Polandia, Argentina, Senegal

Grup E: Prancis, Burkina Faso, Korea Selatan, Amerika Serikat

Grup F: Meksiko, Jerman, Venezuela, Selandia Baru

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid