Timnas Indonesia

Tatap Piala Dunia U-17, Garuda Muda Akan TC 1,5 Bulan di Luar Negeri



NOBARTV NEWS U-17 akan melakukan pemusatan latihan selama satu setengah bulan sebelum tampil di ajang 2023.

Sebagaimana diketahui, di waktu dekat ini – tepatnya pada tanggal 10 Nopember hingga 2 Desember mendatang, skuad Timnas U-17 akan turut serta dalam even akbar Piala Dunia U-17 2023.

Kepastian tampilnya skuad Garuda itu tak lepas dari penunjukan FIFA baru-baru ini. Ya, pada Jumat 23 Juni kemarin, FIFA lewat laman resminya telah memilih Indonesia sebagai tuan rumah untuk ajang Piala Dunia U-17 menggantikan posisi Peru. Awalnya, negara asal Amerika Latin itu diminta untuk menjadi tuan rumah untuk even tersebut.

Tapi sayangnya, di tahun 2023 ini, Peru mengalami masalah yang cukup serius di negara mereka sendiri. Peru dilanda krisis ekonomi dan bencana alam sehingga membuat mereka batal sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17. Alih-alih melanjutkan kesiapannya sebagai tuan rumah, Pemerintah Peru memilih untuk memulihkan kondisi ekonomi pasca terjadinya bencana alam dan krisis tersebut.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Adapun PSSI, setelah Indonesia dipastikan menjadi tuan rumah pengganti Piala Dunia U-17, Federasi Sepakbola Indonesia itu langsung melakukan seleksi terbuka pemain Timnas Indonesia U-17 di beberapa kota. Seleksi tersebut pertama kali dilakukan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta. Dalam seleksi ini, Bima Sakti ditemani oleh legenda hidup Chelsea sekaligus Direktur Teknik Garuda Select Dennis Wise untuk menjaring pemain potensial untuk diikutsertakan ke skuad Garuda Asia.

Pasca dilakukannya seleksi tersebut, para pemain yang terpilih akan melakukan pemusatan latihan di dalam dan luar negeri. TC awal akan dimulai pada 10 Juli mendatang di Indonesia. Dan untuk TC kedua, rencananya akan digelar pada bulan Agustus. Adapun di bulan September dan Oktober, para punggawa Timnas Indonesia U-17 akan melakukan TC lanjutan di Eropa. Untuk TC di Eropa, PSSI menyebut skuad asuhan Bima Sakti itu akan melakukannya selama satu setengah bulan.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

“Tanggal 10 Juli sudah mulai TC, tapi nanti ada lagi TC kedua pada Agustus. Kemudian September dan Oktober berlatih di Eropa,” kata Erick Thohir.

“Tidak usah lama-lama juga, 1,5 bulan. Nanti kangen tempe, jadi kami kirim Eropa untuk persiapan di Piala Dunia U-17 2023,” ujarnya menambahkan.

Selama melakukan persiapan sebelum tampil di Piala Dunia U-17 nanti, Bima Sakti akan ditemani oleh pendamping dari Eropa. Kata Erick, sosok pendamping yang akan menemani Bima akan diputuskan kontraknya pada pekan ini.

“Insyaallah U-17 ada pendamping. Seorang figur yang mudah-mudahan kalau kontraknya diteken pekan ini atau pekan depan. Pendamping dari Eropa,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment