Timnas Indonesia

STY Masa Bodoh Skuad Garuda Kalah Head to Head dari Irak: Indonesia Punya Pelatih Baru!



NOBARTV NEWS – Di atas kertas, skuad Garuda memang kalah secara head to head dengan Timnas Irak. Namun hal itu tak membuat Shin Tae-yong gentar. Pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu malah masa bodoh dengan statistik skuad Garuda atas sang lawan.

Malam ini, tepat di Basra International Stadium, dan Timnas Irak akan berhadapan dalam ajang 2026. Kedua tim dipertemukan dalam grup F ronde kedua.

Sebelumnya, skuad Garuda Indonesia memulai perjuangannya lewat Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde pertama. Di ronde pertama itu, Marc Anthony Klok dkk berhadapan dengan Timnas Brunei Darussalam. Dan di laga tersebut, skuad Garuda menang dengan skor agregat 12-0. Enam gol dilesakkan pada leg pertama begitupun dengan leg kedua.

Kemenangan telak itu membuat Timnas Indonesia lolos ke ronde kedua zona Asia Kualifikasi Piala Dunia 2026 grup F. Dan di grup ini sudah menanti tiga tim lain yakni Timnas Irak, Timnas Vietnam, dan Timnas Filipina. Dijadwalkan, dua dari enam pertandingan di grup F itu akan digelar pada bulan ini. Untuk Timnas Indonesia, mereka akan berjumpa Timnas Irak dan Timnas Filipina. Laga melawan Irak, seperti yang disebutkan tadi akan dihelat pada malam hari ini.

Secara head to head, Timnas Irak jelas lebih unggul dibanding Timnas Indonesia. Dalam dua pertandingan terakhir kedua tim, Irak selalu mencatatkan kemenangan.

STY Masa Bodoh Skuad Garuda Kalah Head to Head dari Irak: Indonesia Punya Pelatih Baru!
Skuad Garuda Indonesia sedang melakukan latihan jelang hadapi Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Walaupun demikian, hal itu tidak menyurutkan keyakinan dari sang pelatih Shin Tae-yong. Meski di laga nanti mereka bermain sebagai tim tamu yang dipenuhi oleh puluhan suporter tuan rumah, namun Shin tetap pede tim-nya mampu mengalahkan sang lawan. Eks pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu tampak masa bodoh dengan statistik pertemuan kedua tim.

“Saya tak mengetahui soal statistik tersebut,” kata Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers Rabu kemarin (15/11).

“Sekali sudah terjadi, maka sejarah tetap sejarah. Indonesia sekarang punya pelatih baru sejak beberapa tahun lalu,” ucapnya menambahkan.

“Irak sebenarnya sangat menantang, kini Indonesia lebih baik (dari catatan head to head yang lalu). Saya hanya bisa berkata kepada Anda untuk menonton laga besok. Terima kasih,” katanya memungkasi.

Sementara itu, Jordi Amat yang turut hadir di sesi konferensi pers itu menyebut laga melawan Irak akan menjadi laga yang cukup sulit. Namun ia menekankan diri dan juga rekan setimnya kalau skuad Garuda akan memberikan seratus persen kemampuannya.

“Ya, saya pikir ini akan menjadi pertandingan yang sangat sulit. Kami tahu bahwa Irak adalah tim yang sangat kuat. Tapi saya yakin Indonesia besok akan memberikan seratus persen,” kata Jordi Amat.

“Anda akan melihat 11 pemain bertarung untuk setiap bola. Saya tahu bahwa stadion besok akan penuh. Itu sangat bagus untuk negara ini. Jadi ya, mari kita lihat pertandingan yang bagus besok,” tutup kapten Johor Darul Takzim itu.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid