Timnas Indonesia

Pernah Bikin Malu STY di Piala Asia U-20, Timnas Irak Susul Indonesia ke Piala Dunia U-20 2023



NOBARTV NEWS – Timnas Irak U-20 memastikan dirinya menjadi tim ke-21 yang lolos ke Indonesia. Lucunya, di fase grup Piala Asia U-20 kemarin, skuad asuhan Shin Tae-yong pernah dibuat malu oleh tim asal timur tengah itu.

Sebagaimana diketahui, di fase grup Piala Asia U-20 2023, skuad Garuda muda berada satu grup dengan tim tuan rumah Uzbekistan U-20. Selain sang tuan rumah, Muhammad Ferrari dkk juga berada di grup yang sama dengan dua tim asal timur tengah yakni Timnas Irak U-20 dan Timnas Suriah U-20.

Selama menjalani fase grup tersebut, hanya meraih satu kali kemenangan, satu kali bermain imbang, dan menelan kekalahan sebanyak satu kali juga. Mirisnya, satu-satunya kekalahan tersebut didapatkan anak asuh Shin Tae-yong itu ketika berjumpa Timnas Irak U-20.

Lebih mirisnya lagi, sepanjang pertandingan antara Irak U-20 dan Indonesia U-20, skuad Garuda muda bermain dengan kekuatan penuh. Sedangkan Irak U-20 hanya bermain dengan 10 pemain sejak injury time babak pertama. Satu pemainnya mendapatkan kartu merah langsung usai melakukan pelanggaran keras kepada pemain Indonesia Arkhan Fikri. Namun skuad Garuda muda tetap menelan kekalahan.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Bermain dengan 10 pemain, skuad Irak U-20 justru menang atas Timnas Indonesia. Skuad Singa Mesopotamia muda itu berhasil memenangkan pertandingan dengan skor akhir 2-0. Hasil tersebut jelas membuat sang pelatih Shin Tae-yong malu. Terlebih laga tersebut merupakan laga pembuka grup A.

Tidak hanya itu saja, Timnas Irak U-20 juga dipastikan melangkah ke babak perempatfinal setelah finis di peringkat kedua grup A. Padahal, poin yang dimiliki anak asuh Emad Mohamed itu sama dengan Timnas Indonesia yakni 4. Namun skuad muda Irak unggul selisih gol atas Timnas Indonesia.

Alhasil, Timnas Indonesia pulang, Irak melangkah ke babak delapan besar.

Menariknya, di laga perempatfinal Piala Asia U-20, Timnas Irak U-20 bertemu dengan juara grup B Timnas Iran U-20. Laga antara dua tim tetangga tersebut digelar pada hari ini 11 Maret 2023 di JAR Sport Complex Stadium.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Secara mengejutkan, Timnas Irak U-20 meraih kemenangan di laga tersebut. Winger 19 tahun milik Al-Kahrbaa Club Ali Jasim menjadi sosok penentu. Gol yang dicetaknya di injury time babak kedua membuat Timnas Iran U-20 mengubur mimpinya untuk melangkah ke babak semifinal Piala Asia U-20 2023.

Adapun Timnas Irak U-20, selain memastikan diri melangkah ke babak tersebut (Semifinal Piala Asia U-20), keberhasilannya menyingkirkan Iran U-20 juga membuat tim yang pernah mempermalukan skuad Garuda muda itu bakal mentas di Piala Dunia U-20 2023. Irak U-20 menjadi tim ke-21 yang dipastikan lolos ke even tersebut. Sebelumnya, Timnas Indonesia sudah memastikan diri untuk melangkah ke Piala Dunia U-20 lebih dulu karena statusnya sebagai tuan rumah.

Dan kini yang menjadi pertanyaannya adalah, bagaimana nanti jika skuad Garuda muda kembali bertemu (di Piala Dunia U-20) dengan Timnas Irak U-20? Mampukah skuad asuhan Shin Tae-yong itu membalas kekalahan memalukannya di Piala Asia U-20 kemarin?

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments