Intermezzo

Jadwal Pertandingan Tim ASEAN di FIFA Matchday Maret 2023



NOBARTV NEWS – 20 sampai 28 Maret 2023 merupakan kalender pertama FIFA Matchday pada tahun 2023. Beberapa tim asal Asia Tenggara memanfaatkan momentum ini sebagai ajang memperbaiki peringkat mereka di rangking FIFA.

Sebagaimana diketahui, dipastikan akan melawan Timnas Burundi pada 25 dan 28 Maret 2023. Tim asal Afrika itu bakal bertandang ke markas Indonesia di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi.

Sebelumnya, Timnas Indonesia dirumorkan akan menantang tim asal Amerika Latin yakni Timnas Bolivia dan tim asal Asia Tajikistan. Namun karena kedua tim tersebut membatalkannya, maka PSSI kudu mencari lawan yang setidaknya harus berada di atas mereka berdasarkan rangking FIFA.

Pada Jumat malam atau sekitar satu minggu yang lalu, Timnas Indonesia akhirnya dipastikan akan berjumpa dengan Timnas Burundi – yang sebelumnya diketahui akan melawan Timnas Kenya sebanyak dua kali. Dipastikannya Timnas Burundi melawan Timnas Indonesia juga membuat Kenya tak memiliki lawan untuk sementara waktu sampai berita ini dirilis.

Selain Timnas Indonesia yang akan menantang Timnas Burundi, tim asal Asia Tenggara lainnya juga mengikuti ajang FIFA Matchday tersebut. Siapa saja tim-tim tersebut? Berikut ulasannya!

1. Timnas Filipina

Skuad The Azkals bakal melawan dua tim dengan peringkat yang lebih rendah dan lebih tinggi dari peringkat mereka. Diketahui, Timnas Filipina berada di peringkat 134 dunia atau terbaik ketiga di Asia Tenggara setelah Vietnam dan Thailand.

Daisuke Sato dkk dijadwalkan akan melawan Timnas Kuwait pada 24 Maret dan akan menentang Timnas Yordania pada tanggal 28. Saat ini, Kuwait berada di peringkat 148 dunia sedangkan Yordania 84.

2. Timnas Thailand

Anak asuh Mano Polking dipastikan akan melawan dua tim asal timur tengah. Menariknya, kedua lawan tim berjuluk Gajah Perang itu berada di peringkat yang jauh lebih baik.

Saat ini, Timnas Thailand berada di posisi 111 dunia sedangkan dua lawannya yakni Timnas Suriah dan Uni Emirat Arab masing-masing berada di peringkat 90 dan 70.

Laga melawan Suriah akan dilangsungkan pada 25 Maret sedangkan melawan UEA pada 28 Maret 2023.

3. Timnas Vietnam

Tak dilatih lagi oleh Park Hang-seo, federasi sepak bola Vietnam memiliki untuk tidak mengikutsertakan The Golden Stars Warriors di ajang FIFA Matchday Maret ini. VFF lebih memilih untuk memperkenalkan filosofi sepak bola baru yang akan dibawa oleh pelatih anyar mereka Philippe Troussier.

4. Timnas Indonesia

Seperti yang disebutkan tadi, skuad Garuda Indonesia akan menantang Timnas Burundi sebanyak dua kali masing-masing pada tanggal 25 dan 28 Maret 2023. Peringkat Timnas Indonesia saat ini 151 sedangkan Burundi 141.

5. Timnas Malaysia

Lucunya, Timnas Malaysia akan kembali berjumpa dengan dua tim yang sudah dihadapinya tahun lalu. Skuad Harimau Malaya (145 FIFA) akan berduel dengan Timnas Hongkong (146) dan Turkmenistan (135).

Laga melawan Timnas Hongkong akan berlangsung pada 28 Maret sedangkan laga versus Uzbekistan pada 25.

6. Timnas Singapura

Timnas Singapura memiliki lawan yang sama dengan Timnas Malaysia. Kedua tim yang bertetangga itu akan berjumpa dengan Timnas Hongkong.

Laga antara Timnas Singapura Vs Hongkong tersaji pada 23 Maret mendatang. Sedangkan satu laga lainnya akan dimanfaatkan Timnas Singapura dengan menantang Timnas Macau pada 26 Maret 2023.

7. Timnas Myanmar

Skuad Myanmar memiliki dua lawan tak biasa di FIFA Matchday Maret ini. Tak tanggung-tanggung, peringkat tim yang bakal dilawan oleh Myanmar sangat baik.

Saat ini, Myanmar berada di peringkat 159 dunia. Namun tim yang menjadi lawan mereka yakni Kygryzstan diketahui berada di peringkat 94 dunia dan India di posisi 106. Laga melawan Kygryzstan bakal tersaji pada tanggal 22 sedangkan melawan India pada 25 Maret 2023.

8. Timnas Kamboja

Timnas Kamboja sama halnya dengan Timnas Vietnam. Mereka tidak mengikuti FIFA Matchday Maret ini karena akan fokus untuk membentuk tim jelang SEA Games 2023. Di SEA Games tersebut, Kamboja bertindak sebagai tuan rumah.

9. Timnas Laos

Pada tanggal 22 Maret mendatang, Timnas Laos bakal melawan Timnas Bhutan sedangkan di tanggal 25 mereka akan kembali bertemu dengan Timnas Nepal.

10. Timnas Brunei Darussalam

Timnas Brunei menjadi tim yang akan mengawali FIFA Matchday paling cepat. Pada 20 Maret, Brunei akan bertemu dengan Timnas Bangladesh sedangkan di tanggal 24 mereka akan jumpa Timnas Seychelles.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments