Timnas Indonesia

Sesuai Keinginan STY, PSSI Sudah Hubungi Tiga Negara Eropa Ini untuk Uji Coba Tahun Depan



NOBARTV NEWS – PSSI dipastikan telah mengirimkan surat resmi kepada tiga negara Eropa untuk menjadi lawan di FIFA Matchday tahun depan. Dikirimkannya surat tersebut juga menjadi jawaban dari keinginan Shin Tae-yong (kepada PSSI) beberapa waktu lalu.

Diketahui, pada bulan Juni kemarin, Timnas Indonesia berkesempatan melawan tim kuat Argentina di ajang FIFA Matchday. Selain Argentina, di bulan yang sama (Juni), anak asuh Shin Tae-yong itu juga berhadapan dengan Timnas Palestina. Namun pertandingan versus Argentina lebih disorot dibanding dengan laga lainnya.

Ya, bagaimana tidak, kedatangan La Albiceleste kala itu menjadi sorotan banyak orang. Tak hanya media tetangga saja, namun media internasional juga turut memberitakan laga ini. Walaupun saat itu Argentina tidak diperkuat oleh sang mega bintang Lionel Messi, namun pertandingan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta itu berjalan dengan sukses.

Walaupun peringkat Timnas Indonesia terpaut jauh dibandingkan sang lawan, namun Marc Klok dkk berhasil membuat barisan lini belakang anak asuh Lionel Scaloni itu kerepotan. Beberapa kali, anak asuh Shin Tae-yong itu membikin degub jantung pemain Argentina mengeras.

Baca Juga:  Menanti Kontrak Baru STY lewat Duel Indonesia vs Yordania

Namun sayangnya, sekuat apapun Timnas Indonesia melakukan serangan, mereka tetap dikalahkan dengan skor akhir 0-2. Dua gol tersebut dibuat oleh Leandro Paredes dan Cristian Romero.

Meski demikian, seperti yang disebut tadi, pertandingan yang disorot dunia internasional ini sukses berjalan. Bahkan, Shin Tae-yong berharap skuad Garuda dipertemukan lagi dengan tim yang memiliki kelas sama seperti Argentina.

“Walaupun kita kalah 0-2, tapi itu sangat bagus. Pengalaman untuk pemain Timnas Indonesia ke depannya,” kata Shin Tae-yong.

“Jujur saya sangat kaget, respon saya kaget. Karena pada era sebelumnya kita tidak pernah uji coba lawan tim sekuat Argentina,” tambahnya lagi.

“Saya minta tolong kepada Erick Thohir, kalau nanti ada kesempatan seperti itu, minta tolong dicarikan lawan sekuat Argentina supaya sepak bola Indonesia tetap berkembang,” katanya menutupi.

Menariknya, baru-baru ini, Erick Thohir akhirnya mengabulkan permintaan Shin Tae-yong itu. Kata Erick, PSSI baru saja mengirimkan surat resmi kepada tiga federasi sepakbola Eropa terkait peluang uji coba dengan Timnas Indonesia di tahun depan. Tiga tim Eropa yang dimaksud adalah Portugal, Belanda, dan Jerman. Kabar baiknya, kata Erick, KNVB atau Federasi Sepakbola Belanda sudah memberikan respons-nya kepada PSSI.

Baca Juga:  Beragam Reaksi Kocak Netizen usai Indonesia Lolos ke 8 Besar Piala Asia U23 2024

“Saya sudah kontak Portugal, Jerman, dan Belanda. Belanda sudah merespons,” kata Erick Thohir.

Akan tetapi, yang menjadi masalah, kata Erick Thohir adalah jadwal pelaksanaannya. Tahun depan, beberapa agenda penting akan diikuti oleh tim-tim asal Asia dan juga Eropa. Di Asia, akan ada 2026 sedangkan di Eropa, pada bulan-bulan yang sama juga akan menggelar beberapa even seperti Olimpiade Paris dan lain sebagainya.

“Permasalahannya yang harus dipastikan adalah kalendernya. Sebab ada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada November 2023, Maret 2024, dan Juni 2024,” ujar Erick menambahkan.

“Sedangkan di Eropa, ada Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada bulan-bulan yang sama. Pada Juli 2024, ada Olimpiade Paris, Prancis. Ini kami sedang menyusul jadwalnya,” katanya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid