Timnas Indonesia

Setelah JIS, PSSI Usulkan Stadion Pakansari Bogor sebagai Venue Piala Dunia U-17 2023



NOBARTV NEWS – Selain Jakarta Internasional Stadium, PSSI akan mengusulkan Stadion Pakansari Bogor sebagai salah satu venue untuk even 2023.

Sebagaimana diketahui, di waktu dekat ini, Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk ajang internasional bertajuk Piala Dunia U-17 2023. Ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah tak lepas dari status tuan rumah sebelumnya yakni Peru.

Pada awalnya, Peru dinyatakan sebagai tuan rumah untuk ajang sepakbola akbar tersebut. Tapi sayangnya, seiring berjalannya waktu, Peru gagal menjadi tuan rumah. Federasi Sepakbola Peru atau FPF resmi menarik diri dari statusnya tersebut.

FPF memiliki alasan khusus mengapa pihaknya membatalkan diri sebagai tuan rumah. Pertama, Peru dilanda krisis ekonomi dan kedua, negara asal Amerika Latin itu dilanda bencana alam hebat. Akibatnya, FPF menarik diri dari keikutsertaannya.

Berselang beberapa bulan – tepatnya pada Jumat 23 Juni kemarin, FIFA lewat laman resminya mengumumkan tuan rumah baru pengganti Peru. Federasi Sepakbola Dunia itu meminta Indonesia sebagai tuan rumah pengganti.

Ditunjuknya Indonesia tak lepas dari kesiapan mereka yakni sebagai mantan calon tuan rumah 2023. Jadi, beberapa waktu lalu, Indonesia hampir saja menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Pemerintah RI dan PSSI sudah menyiapkan segala macam baik dari infrastruktur hingga SDM untuk menggelar ajang tersebut. Bahkan, babak Drawing Piala Dunia U-20 sudah disiapkan untuk digelar di Bali.

Baca Juga:  Begini Pengakuan Shin Tae-yong usai Dipermalukan Irak 2-1

Tapi sayangnya, FIFA pada akhirnya membatalkan status Indonesia karena faktor yang tidak dijelaskan secara rinci. Alhasil, enam stadion yang sudah disiapkan dan berstandar FIFA pun batal digunakan. FIFA pada akhirnya memilih Argentina sebagai penggantinya.

Tapi beruntungnya, Indonesia – seperti yang disebutkan tadi akan menjadi tuan rumah untuk ajang berbeda yaitu Piala Dunia U-17 2023. Dengan infrastruktur yang sudah disiapkan sebelumnya, PSSI tinggal mencari stadion tambahan lain sebagai venue untuk ajang tersebut.

Beberapa waktu lalu, begitu terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17, PSSI, Kemenpora, Kementerian PUPR, beserta Pejabat di Lingkup Provinsi DKI Jakarta telah melakukan kunjungan ke Jakarta Internasional Stadium. Kunjungan tersebut dilakukan karena JIS masuk sebagai salah satu stadion yang akan dipersiapkan sebagai venue Piala Dunia U-17. Selain JIS, baru-baru ini, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut satu stadion lainnya yang juga dipersiapkan. Stadion tersebut, kata Erick berada di Bogor.

Baca Juga:  Elkan Baggott dan Dewangga Dipanggil STY untuk Hadapi Guinea U23

Jika merunut beberapa stadion yang ada di Kota Bogor, hanya Stadion Pakansari lah yang masuk dalam standar FIFA dan sering digunakan sebagai lokasi pertandingan. Stadion ini beberapa waktu lalu digunakan U-17 dalam Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

“Kami sudah meeting sama FIFA. FIFA akan mulai mengirim timnya tapi bulannya saya kasih tahu untuk pengecekan ulang,” kata Erick Thohir di tengah-tengah seleksi pemain Timnas U-17 di Bali Minggu (16/07) kemarin.

“Pengecekan awal ini diperlukan terutama untuk stadion-stadion yang belum pernah kami usulkan. Ya seperti Bogor (Stadion Pakansari) dan JIS,” ujarnya memungkasi.

Dengan demikian, maka JIS serta Stadion Pakansari Bogor akan mengikuti enam stadion awal yang sudah disiapkan. Ke-enam stadion tersebut adalah Stadion Gelora Jakabaring (Palembang), Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Manahan (Solo), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment