Timnas Indonesia

Jokowi Sudah Keluarkan Keppres, Proses Naturalisasi Shayne Pattynama Tinggal Selangkah Lagi!



NOBARTV NEWS – Presiden RI Joko Widodo telah menandatangani Surat Keputusan (Keppres) terkait proses naturalisasi Shayne Pattynama. Dengan demikian, sang pemain tinggal menunggu selangkah lagi untuk resmi menjadi WNI.

Sebagaimana diketahui, PSSI memang sudah dan sedang mengupayakan proses naturalisasi kepada tiga pemain keturunan yakni Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama.

Hanya saja, sampai saat ini, baru dua nama yang sudah resmi menjadi WNI. Mereka adalah Sandy Walsh dan Jordi Amat. Bahkan, Jordi sudah pernah mencatatkan caps bersama di 2022. Amat telah turun di dua laga yakni ketika melawan Kamboja di matchday pertama dan menghadapi Thailand di partai ketiga grup A.

Selanjutnya, Amat kemungkinan besar akan kembali diturunkan di laga melawan Vietnam dalam babak semifinal.

Adapun Sandy, meski ia sudah resmi menjadi WNI, namun klubnya KV Mechelen tak memberikannya izin untuk membela Timnas Indonesia. Dengan demikian, Sandy pun gagal debut di Piala AFF tahun ini.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Nah, proses naturalisasi Sandy dan Jordi saat itu selesai dalam waktu yang bersamaan. Sedangkan Pattynama, karena berkas yang dikirimkan pemain yang bersangkutan tidak berbarengan, ia pun tak bisa menyelesaikan proses naturalisasi secepat Jordi dan Sandy.

Namun kabar baiknya, pada awal tahun 2023 ini, Menpora RI Zainudin Amali memastikan bahwa proses naturalisasi Shayne Pattynama tinggal selangkah lagi. Jadi, Presiden RI Joko Widodo telah menandatangani Surat Keputusan (Keppres) atas nama Shayne Pattynama. Dengan demikian, Pattynama sudah disetujui (untuk dinaturalisasi) oleh orang nomor satu di Indonesia itu. Kini, tinggal menunggu waktu untuk melakukan sumpah di Kantor Kementerian Hukum dan HAM seperti yang sudah dilakukan Sandy dan Jordi sebelumnya.

“Keppres tentang pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia untuk Shayne Elian Jay Pattynama sudah ditandatangani oleh Bapak Presiden Joko Widodo,” terang Zainudin Amali, kemarin.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Usai melakukan sumpah tersebut, Pattynama tinggal menunggu waktu untuk perpindahan federasi dari KNVB ke PSSI. Setelah itu, ia resmi dan diperbolehkan untuk bermain bersama Timnas Indonesia. Turnamen terdekat yang bisa diikuti Pattynama adalah FIFA Matchday 2023.

Namun lebih dari itu, kehadiran Pattynama, Jordi, dan Sandy Walsh lebih ditujukan untuk Piala Asia 2023. Karena sebagaimana diketahui, skuad Garuda akhirnya lolos ke putaran final Piala Asia 2023 setelah finis di peringkat kedua klasemen grup A .

Saat itu, Timnas Indonesia berhasil menjadi salah satu runner-up terbaik dengan catatan 6 poin. Marc Klok dkk menang atas Kuwait 1-2 dan sukses melumat Nepal 7-0.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments