Timnas Indonesia

3 Faktor Indonesia Main Imbang dengan Filipina versi Shin Tae-yong



NOBARTV NEWS – Skuad Garuda hanya bermain imbang 1-1 dengan Filipina pada matchday kedua 2026 zona Asia malam hari tadi. Shin Tae-yong menyebut ada tiga faktor anak asuhnya bermain imbang.

Sebagaimana diketahui, pada malam hari tadi, dijamu Filipina di Rizal Memorial Stadium. Laga tersebut bertajuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde kedua grup F. Sebelumnya, kedua tim sama-sama mencatatkan hasil buruk. Timnas Indonesia dikalahkan Irak dengan skor telak 5-1 sedangkan Filipina dibungkam Vietnam 0-2 di kandangnya sendiri.

Adapun di laga semalam, anak asuh Shin Tae-yong itu memulai pertandingan dengan permainan yang tidak memuaskan. Rafael Struick dkk sangat kesulitan untuk mengembangkan permainannya. Mereka kerap salah oper, mudah kecolongan bola, hingga kurangnya koordinasi antar pemain.

Hingga akhirnya, pada menit ke-23, setelah Jordi Amat melakukan kesalahan, penyerang Filipina asal klub Kuala Lumpur FC Patrick Reichelt sukses menceploskan bola ke gawang Ernando Ari. Kebobolan satu gol, Shin Tae-yong meresponnya dengan melakukan pergantian pemain. Pada menit ke-30, pelatih asal Korea Selatan itu mengeluarkan Sandy Walsh lantas memasukkan Witan Sulaeman.

Sayangnya, hingga peluit babak pertama berakhir, skuad Timnas Indonesia gagal mencetak gol penyeimbang meskipun permainan mereka sudah berubah.

Di babak kedua, lagi-lagi, Shin memasukkan pemain baru. Kali ini, Shin meminta Shayne Pattynama keluar dan memasukkan pemain dengan posisi serupa yakni Pratama Arhan.

3 Faktor Indonesia Main Imbang dengan Filipina versi Shin Tae-yong
Saddil Ramdani berselebrasi usai membobol gawang Filipina tadi malam

Permainan kembali berlanjut dengan tensi yang cukup tinggi. Beberapa pelanggaran keras dilakukan oleh kedua kesebelasan. Hingga akhirnya, di menit ke-70, lewat pergerakan Ricky Kambuaya, Timnas Indonesia berhasil menyamakan kedudukan lewat Saddil Ramdani. Awalnya, Kambuaya menggiring bola melewati beberapa pemain Filipina. Setelah itu, pemain Dewa United tersebut menyodorkan bola ke arah Saddil. Dengan cukup tenang, Saddil melepas tembakan first time ke pojok kanan penjaga gawang Filipina Neil Etheridge. Kiper yang bermain di itu cuma melongo melihat si kulit bundar masuk ke gawangnya.

Hingga peluit panjang dibunyikan, skor 1-1 menjadi akhir dari pertandingan. Timnas Indonesia dan Filipina berbagi masing-masing satu poin dari dua laga yang dimainkannya di Kualifikasi Piala Dunia 2026 bulan ini.

Pasca pertandingan, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan keterangannya. Lewat konferensi pers itu, Shin menyebut tiga faktor penyebab Timnas Indonesia mencatatkan hasil imbang dengan Filipina. Pertama, kata Shin Tae-yong adalah skuad Garuda menjalani pertandingan yang jauh dari Irak ke Filipina. Kedua masalah perbedaan waktu dan terakhir adalah lapangan (rumput sintetis) yang tidak familiar dengan kebiasaan bermain punggawa Timnas Indonesia.

“Dalam dua laga away beruntun kami banyak mengalami kesulitan,” ujar Shin Tae-yong.

“Kami menjalani perjalanan yang jauh, perbedaan waktu, dan lapangan ini tidak familiar bagi kami. Kami kesulitan beradaptasi dengan lapangan,” terangnya lagi.

“Faktor itu berdampak buruk pada performa kami. Tapi tetap kami tidak menyerah,” ucapnya memungkasi.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid