Timnas Indonesia

Tanpa Lakoni Laga FIFA Matchday, Rangking Indonesia Naik 1 Peringkat



Tanpa Lakoni Laga FIFA Matchday, Rangking Indonesia Naik 1 Peringkat
usai laga

NOBARTV NEWS – Meski tidak menjalankan laga di FIFA Matchday bulan Maret ini, Timnas Indonesia justru naik peringkat satu tingkat lebih tinggi dari sebelumnya. Dari posisi 160 kini menjadi 159. Shin Tae-Yong lebih memilih fokus bersama Timnas Indonesia U-19 daripada Timnas senior Garuda Indonesia.

Pada bulan Februari lalu, PSSI sempat menggemborkan dirinya bahwasanya Timnas Indonesia akan berhadapan dengan tim kuat pada FIFA Matchday bulan depan (Maret).

Berbagai negara dikabarkan sudah diajak berkomunikasi. Dari Timnas Kroasia hingga Suriname. Namun nyatanya, semuanya tidak terealisasi satu pun. Alhasil, Indonesia gagal bermain sama sekali dalam pertandingan yang tercatat dalam kalender resmi FIFA ini.

Rupa-rupanya, Shin Tae-Yong sendirilah yang meminta kepada PSSI untuk tidak bermain. Pasalnya, pelatih asal Korea Selatan itu memiliki alasan khusus yakni melakukan pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-19.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Timnas Indonesia U-19 bagi Shin Tae-Yong harus segera berlatih sedini mungkin demi persiapan tahun depan. Maka, Shin Tae-Yong memilih dua tempat sebagai pusat pelatihan.

Pertama di Jakarta, kedua di Korea Selatan – yang di mana hingga saat ini masih dilaksanakan.

Namun ternyata, alih-alih peringkat Indonesia tergeser semakin ke bawah, justru rangking Timnas Indonesia naik satu tingkat lebih tinggi. Padahal, kemenangan Timnas Singapura atas Malaysia beberapa hari lalu sempat membuat kita berpikir kalau Indonesia terkena imbasnya karena secara peringkat, Indonesia berada di atas Singapura.

Maka dengan kemenangan Singapura, maka secara otomatis tetangga Indonesia itu akan menggeser posisi anak asuh Shin Tae-Yong itu.

Dilansir dari CNN Indonesia, “Kenaikan peringkat Indonesia tak lepas dari merosotnya posisi Kaledonia Utara, salah satu negara zona Oseania (OFC). Pada Februari, Kaledonia Utara menempati peringkat 153.”

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

“Akan tetapi, tiga kekalahan yang dialami Kaledonia Utara di FIFA Matchday Maret 2022 membuat posisi mereka menurun drastis hingga ke urutan 160.”

Kekalahan negara Oseania itu ternyata berpengaruh pada posisi Timnas Indonesia.

Namun sekali lagi, Indonesia masih kalah peringkat dari lima negara Asia Tenggara lainnya. Mereka adalah Timnas Malaysia (154), Singapura (158), Myanmar (151), Thailand (111), dan Vietnam (96).

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid