Timnas Indonesia

Punggawa Heerenveen Thom Haye Bicara soal Peluang Bela Timnas Indonesia

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Pemain keturunan Indonesia Thom Haye berbicara soal peluang dirinya membela di masa mendatang.

Indonesia tidak akan pernah kehabisan untuk menemukan pemain keturunannya yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Baik itu untuk sekelas pemain senior maupun muda.

Beberapa waktu lalu, PSSI resmi mengikat lima pemain keturunan untuk menjadi WNI (Warga Negara Indonesia). Tujuan naturalisasi untuk lima pemain tersebut berbeda-beda. Untuk tiga pemain senior yakni Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama – ketiganya dinaturalisasi dengan tujuan tampil di Piala Asia 2023 mendatang.

Adapun dua pemain lainnya yakni Ivar Jenner dan Rafael Struick, keduanya – pada awalnya diminta untuk dinaturalisasi dengan tujuan tampil di 2023. Sayangnya, skuad Garuda batal tampil karena sesuatu lain hal. Walaupun demikian, pada akhirnya keduanya tetap melanjutkan proses naturalisasi yang tengah berjalan.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Dan kini, satu pemain keturunan lainnya yakni Thom Haye blak-blakkan mengaku ingin mendapat hak naturalisasi tersebut. Pemain yang kini tengah berkarier di (Eredivisie) bersama SC Heerenveen itu mengaku jika dirinya membuka peluang untuk menjadi WNI. Namun demikian, hal itu belum menjadi fokus utamanya saat ini.

“Setiap hari saya di-tag di media sosial oleh orang-orang dari Indonesia, jadi saya sering melihatnya. Mereka mengirim pesan: ‘Silakan bergabung dengan Indonesia',” tutur Haye dalam sebuah wawancara dengan Voetbalzone.

“Itu sering berdasarkan spekulasi. Saya tidak tahu siapa yang bisa, dan tidak bisa untuk membela Indonesia. Semua bergantung kepada federasi, siapa yang memenuhi persyaratan,” tambah pemain dengan 9 caps bersama Timnas Belanda U-21 itu.

Bagi Haye, bermain dengan Timnas Indonesia tentu adalah sesuatu yang indah.

“Saya tidak mengesampingkannya, karena itu bisa menjadi sesuatu yang indah. Tapi tidak ada sesuatu yang konkret yang membuat saya harus membuat pilihan tentang itu.”

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Bermain dengan Timnas Belanda senior kata Haye adalah sesuatu yang sulit untuk diraih.

“Sampai sekarang saya belum membuat pilihan. Tapi dengan beberapa kenyataan, bisa dibilang saya tidak akan bisa menjalani pertandingan internasional dengan memakai jersi Belanda,” katanya.

“Saya memang mendengar ada kemungkinan untuk memperkuat Indonesia. Tapi saya tidak terlalu memikirkan bila belum ada yang konkret. Saya juga harus melihat apakah itu cocok dengan saya, atau tidak,” ceritanya lagi.

Thom Haye sendiri memiliki garis keturunan Indonesia dari kakek dan neneknya.

“Berdasarkan dari garis kakek dan nenek saya, saya bisa berbuat sesuatu untuk negara itu. Keluarga saya juga tinggal di sana. Saya belum pernah bertemu mereka, tapi kami sering berkomunikasi. Saya juga pernah bilang suatu hari nanti akan mengunjungi Indonesia,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid