Intermezzo

Besaran Hadiah Juara Liga di Asia Tenggara, Indonesia Kalah Jauh dari Malaysia



NOBARTV NEWS – PSM Makassar sukses membawa pulang gelar Liga 1 musim 2022-2023. Berapa nominal hadiah yang diterima oleh tim berjuluk Juku Eja itu?

Sebagaimana diketahui, PSM Makassar sudah resmi memastikan dirinya sebagai juara sejak sebelum partai terakhir mereka di ajang Liga 1 musim ini. Jadi, ketika PSM masih menyisakan beberapa pertandingan terakhirnya, anak asuh Bernardo Tavares itu sudah mengantongi poin yang cukup banyak dan tak mungkin terkejar oleh para pesaingnya.

Di laga terakhirnya di ajang Liga 1 musim ini, PSM Makassar menjamu tim asal Kalimantan Borneo FC. Laga tersebut berlangsung di Stadion Gelora B. J. Habibie (GBH). Laga tersebut berlangsung pada kemarin malam dan berhasil membuat PSM menang atas sang lawan dengan skor akhir 3-0. Dua gol PSM dikemas oleh Sayuri bersaudara yaitu Yakob Sayuri dan Yance Sayuri. Sedangkan satu gol lainnya dikemas oleh Wiliam Pluim.

Kemenangan tersebut membuat PSM Makassar kini meraih 75 poin dengan catatan 22 kali menang, 9 imbang, dan hanya menelan kekalahan sebanyak 3 kali. Tim terdekat PSM di posisi kedua yaitu Persija hanya meraih 66 poin disusul Persib dengan 62 poin.

Usai pertandingan, PSM Makassar merayakan gelar tersebut bersama para suporternya. Skuad PSM Makassar dan para suporter merayakannya dengan melakukan konvoi di jalanan.

Nah, mengingat PSM Makassar baru saja menjadi juara Liga 1 musim 2022-2023, berapa sih hadiah yang diterima oleh tim asal Sulawesi Selatan itu? Apakah cukup besar jika dibandingkan dengan juara untuk lima liga terbaik lainnya di Asia Tenggara saat ini? Berikut daftar nominal hadiah yang diterima juara Liga 1 Indonesia dan 5 liga lainnya di Asia Tenggara:

1. Liga 1

Juara Liga 1 Indonesia hanya meraih hadiah sebesar 134 ribu dollar AS atau sekitar 2 miliar rupiah.

2. Liga Premier Singapura

Liga tetangga Singapura memberikan hadiah sebesar 113 ribu dollar AS kepada pemenang di liga tersebut. 113 ribu dollar sama atau setara dengan 1,6 miliar rupiah. Musim ini, Liga Premier Singapura baru memainkan 8 pertandingan.

Jumlah kontestan untuk Liga Singapura sendiri berjumlah 9 tim.

3. Liga Premier Kamboja

Jumlah hadiah yang diberikan untuk pemenang Liga Premier Kamboja jauh lebih sedikit dibandingkan Liga 1 dan Liga Premier Singapura. Jumlah yang diberikan untuk pemenang hanya 550 juta rupiah atau 37 ribu dollar AS.

4. Liga Super Malaysia

Operator memberikan jumlah pundi-pundi uang yang sangat besar untuk pemenang di liga tersebut. Tak tanggung-tanggung, 545 ribu dollar AS atau sekitar 8 miliar rupiah untuk pemenang Liga Super Malaysia per musimnya.

Jumlah hadiah tersebut paling tinggi di antara liga Asia Tenggara.

5. Liga Thailand

Salah satu liga terbaik di Asia Tenggara yakni Thailand berada di peringkat kedua dengan pemberian terbesar untuk pemenang permusimnya. Jumlah tersebut sebesar 291 ribu rupiah atau 4,3 miliar rupiah.

6. Liga Vietnam

Liga Vietnam juga memberikan jumlah hadiah yang cukup besar untuk pemenang liga tersebut di setiap musimnya. V League mengganjar pemenang kompetisi domestik tersebut senilai 3,1 miliar rupiah atau 214 dollar AS.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment