Timnas Indonesia

PSSI Respons Top Skorer SEA Games Tak Dipanggil STY ke Timnas Indonesia



NOBARTV NEWS – PSSI merespons absennya nama Ramadhan Sananta dalam daftar 26 pemain yang dipanggil ke untuk FIFA Matchday Juni 2023.

Sebagaimana diketahui, pada Juni 2023, skuad Timnas Indonesia akan memainkan dua laga penting bertajuk FIFA Matchday. Dua laga tersebut akan dimainkan di Indonesia. Pertama, skuad Garuda akan menjamu Timnas Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya pada tanggal 14 Juni 2023. Adapun di laga keduanya, anak asuh Shin Tae-yong itu akan bertemu juara dunia Argentina pada tanggal 19 Juni di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta.

Jelang pertandingan tersebut, Shin Tae-yong telah memanggil 26 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan yang akan dimulai pada 6 Juni mendatang. Nama-nama yang dipanggil tersebut mutlak merupakan keinginan sang pelatih. Dari sederet nama yang ada, 10 merupakan pemain abroad. Jumlah tersebut jadi yang terbanyak sepanjang masa pemanggilan skuad Garuda dalam satu waktu. Para pemain tersebut adalah Marselino Ferdinan, Elkan Baggott, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam Bahar, Saddil Ramdani, Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, dan Rafael Struick.

Baca Juga:  Usai Piala Asia U23, STY Jauhkan Skuad Garuda dari Hiruk Pikuk Sepak Bola

Dalam daftar 26 itu pula, lima di antaranya merupakan punggawa Timnas Indonesia di SEA Games 2023 kemarin. Diketahui, saat itu skuad Garuda keluar sebagai juara usai menumpas perlawanan Timnas Thailand 2-5 di partai final. Lima pemain tersebut adalah Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Rizky Ridho, Ernando Ari, dan Pratama Arhan.

Anehnya, Shin murni hanya membawa lima pemain tersebut saja. Tak ada nama Ramadhan Sananta atau Fajar Fathurrahman yang diketahui merupakan top skorer di even tersebut. Bahkan, kedua pemain tersebut mencetak gol di babak final perebutan medali emas. Total, Fajar dan Sananta masing-masing mencetak lima gol. Namun pada kenyataannya, keduanya tidak mendapatkan panggilan ke Timnas Indonesia senior. Hal itu tentunya menjadi tanda tanya besar bagi banyak penikmat sepakbola tanah air.

Atas hal tersebut, PSSI ikut bersuara. Dalam keterangannya, salah satu anggota Exco PSSI Arya Sinulingga menyebut pemanggilan tersebut murni keputusan pelatih. PSSI tidak memiliki hak atau ikut campur untuk memanggil nama-nama pemain Timnas Indonesia tersebut.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

“Haknya pelatih lah itu, kita tidak bisa ikut campur. Kita serahkan ke pelatih,” kata Arya Sinulingga beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, telah beredar video pendek yang memperlihatkan Ramadhan Sananta tengah berbicara di depan banyak orang. Kata Sananta saat itu, ia mengabarkan dirinya akan melakoni pertandingan melawan Timnas Argentina. Ia pun meminta doa agar diberikan kemudahan di laga akbar tersebut.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments