Timnas Indonesia

Hokky Caraka Ungkap Perubahan Dirinya Usai Ikuti TC di Eropa

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Striker muda PSS Sleman Hokky Caraka menjadi satu dari 34 pemain Garuda muda yang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti TC di Eropa. Hokky mengungkapkan dua aspek yang sangat berubah pada dirinya setelah mengikuti pemusatan latihan tersebut.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu, Shin dan stafnya beserta 34 punggawa U-20 melakukan TC di Eropa. Dalam TC tersebut, mereka juga melakoni beberapa laga uji coba.

Ketika melakukan pemusatan latihan di Turki, Marselino Ferdinan dkk sempat melakukan tujuh kali uji coba yakni melawan Timnas Moldova U-20 sebanyak dua kali, Timnas Turki U-20, Antalyaspor U-20, Cakallikli Spor, Baerum SK U-20, dan Al-Adalah FC.

Selama pemusatan latihan tersebut, fisik para skuad Garuda muda digembleng habis oleh Shin Tae-yong. Bahkan dalam salah satu kesempatan, Shin marah besar ketika anak asuhnya hanya bermain imbang dengan Moldova U-20. Saat itu, STY langsung menggembleng anak asuhnya dengan keras. Mereka diberikan pelatihan fisik di sebuah pinggir pantai usai hasil buruk dalam uji coba itu.

Selesai dari Turki, skuad Garuda muda terbang ke Spanyol. Di negeri matador tersebut, Timnas U-20 berkesempatan melawan dua kontestan 2023. Kedua tim tersebut adalah Timnas Prancis U-20 dan Timnas Slovakia U-20. Sayang, di kedua laga tersebut Garuda muda selalu menelan kekalahan. Mereka dihantam Prancis U-20 6-0 dan dipermalukan Slovakia U-20 2-1.

Adapun di dua uji coba lainnya di Spanyol mereka melawan Valerenga U-20 dan Malaga U-20.

Meski hasil uji coba di Spanyol tersebut tidak pernah membuat Timnas Indonesia menang, namun STY tetap mengapresiasi kinerja para anak asuhnya. Setidaknya, mereka memiliki gambaran lawan-lawan yang akan dihadapi di Piala Dunia U-20 nanti.

Singkatnya, STY menyebut anak asuhnya mengalami progres yang positif.

Hal yang diucapkan Shin Tae-yong itu diamini oleh striker Timnas U-20 Hokky Caraka. Meski ia tidak pernah mencetak satu gol pun selama uji coba di Eropa, namun Hokky mengaku mendapatkan banyak pengalaman berharga selama di sana. Hokky menyebut dua perubahan yang sangat besar pada dirinya usai mengikuti pemusatan latihan tersebut.

“Perkembangan yang saya rasakan setelah kembali dari pemusatan latihan sebenarnya cukup banyak. Namun, yang paling terasa tentu fisik dan badan yang menurut saya terasa lebih baik dari sebelumnya,” jelas Hokky.

“Perkembangan paling besar yang saya rasakan sepertinya di bagian fisik. Karena, selama pemusatan latihan, memang hal itu yang paling ditekankan oleh Coach Shin Tae-yong,” tambahnya.

Kata Hokky, iklim dan cuaca di Spanyol sangat berpengaruh dengan kondisi fisiknya.

“Apalagi, menurut saya, penyesuaian terhadap cuaca dan iklim di Spanyol dan Turki juga turut mempengaruhinya,” tutup pemain kelahiran 21 Agustus 2004 itu.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments