Timnas Indonesia

Kejar Target! PSSI Usahakan Proses Naturalisasi Shayne Pattynama Rampung Bersamaan dengan Sandy Walsh & Jordi Amat



NOBARTV NEWS – Meski menjadi nama terakhir yang akan dinaturalisasi oleh PSSI, namun sang Ketua Umum yakni Mochamad Iriawan berharap proses naturalisasi Shayne Pattynama bisa selesai bersamaan dengan Sandy Walsh dan Jordi Amat. Purnawirawan Polri bintang tiga itu berharap ke-tiganya bisa turun membela di 2022 mendatang.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia dipastikan bergabung dengan Timnas Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Kelima tim tersebut masuk dalam grup A dan akan saling berhadapan dalam format round robin. Format round robin adalah setiap tim mendapatkan kesempatan untuk bertindak sebagai tuan rumah dan juga akan melakukan laga tandang. Timnas Indonesia sendiri bakal menjadi tim tamu ketika menentang Brunei Darussalam dan Filipina. Sedangkan di laga melawan Thailand dan Kamboja, Timnas Indonesia giliran akan menjadi tuan rumah.

Adapun di grup B, tim kuat Vietnam tergabung dengan tim Jiran Malaysia dan Singapura. Selain itu ada juga Laos dan Myanmar.

Tim-tim yang turun di Piala AFF 2022 ini disebut-sebut telah berencana akan melakukan agenda uji coba. Sebut saja seperti Timnas Filipina yang dijadwalkan akan bertemu Vietnam. Lalu Timnas Kamboja yang akan berhadapan dengan Malaysia. Di saat para pesaing Indonesia itu sudah merencanakan laga uji coba, skuad Garuda justru masih berkutat dalam proses naturalisasi. Bahkan, skuad asuhan Shin Tae-yong ini belum melakukan pemusatan latihan.

Bisa jadi, kesibukan PSSI yang teralihkan oleh proses naturalisasi ini sebagai salah satu upaya agar ketiga pemain tersebut bisa membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Jadi, meski tanpa persiapan maksimal, namun kesibukan PSSI dan juga halangan STY (untuk melatih Timnas Indonesia secara langsung) terbayarkan dengan rampungnya proses naturalisasi ketiga calon pemain Timnas Indonesia itu.

Dalam keterangannya usai rapat bersama DPR RI Komisi X dan Kemenpora kemarin, Iriawan berharap proses naturalisasi Shayne Pattynama bisa rampung pada tanggal 15 November mendatang. Ia berharap proses tersebut berbarengan dengan selesainya proses naturalisasi kedua pemain yang lebih dulu yakni Sandy dan Jordi.

“Kami harapkan begitu karena sekarang tanggal 8 November, masih ada satu bulan ya. Kalau bisa sudah ada sumpah. Mudah-mudahan tanggal 15 November sudah selesai dan mereka bisa segera bermain dan menjadi bantuan untuk Timnas Indonesia kita terutama untuk membendung serangan lawan,” ujar Mochamad Iriawan, kemarin.

Untuk diketahui, pendaftaran terakhir pemain yang akan tampil di Piala AFF 2022 jatuh pada tanggal 20 November 2022. Agar ketiganya bisa tampil di even tersebut, maka PSSI harus kejar tayang demi mencapai target yang diinginkan itu.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid