Timnas Indonesia

Merasa Nyaman, STY Tak Panggil Pemain Baru untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026



NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong hanya mengandalkan pemain lamanya untuk tampil di 2026 kontra Brunei Darussalam. Hal itu menandakan kalau sang pelatih merasa nyaman sehingga enggan untuk mencoba pemain baru.

Seperti yang diketahui, skuad akan tampil di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Di ajang tersebut, anak asuh Shin Tae-yong itu akan memulainya dari Ronde 1. Di Ronde 1 tersebut, Marc Anthony Klok dkk akan bermain dengan Timnas Brunei Darussalam dalam dua pertandingan atau dua leg. Leg pertama akan dimainkan di Indonesia sedangkan leg kedua di markas Brunei Darussalam.

Terakhir kali skuad Garuda tampil adalah di FIFA Matchday September lalu. Saat itu, bertempat di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jordi Amat dkk berjumpa dengan Timnas Turkmenistan. Di laga itu, mereka berhasil mengandaskan sang tamu dengan skor akhir 2-0. Dua gol Timnas Indonesia kala itu dikemas oleh Dendy Sulistyawan dan Egy Maulana Vikri.

Baca Juga:  Skuad Garuda Hadapi Guinea di Play Off Olimpiade Paris 2024

Adapun untuk Kualifikasi Piala Dunia zona Asia ini, leg pertama akan digelar pada 12 Oktober mendatang di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang. Dan kabarnya, untuk melawan tim sesama Asia Tenggara itu, Shin Tae-yong melalui PSSI akan segera mengumumkan daftar 25 pemain yang akan dipanggil.

Sementara untuk leg kedua, laga Brunei Darussalam versus Indonesia akan digelar pada Selasa 17 Oktober 2023 di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah.

Adapun terkait 25 nama pemain yang dipanggil, kata asisten STY yakni Nova Arianto, sang pelatih tidak akan memanggil nama baru. Shin masih memercayakan nama-nama lama untuk masuk ke skuad utama Timnas Indonesia. Padahal, jika diperhatikan, beberapa pemain seperti Ezra Walian (Persib Bandung), Mohamad Khanafi (Persik Kediri) hingga Rahmat Arjuna (Bali United) sedang naik daun dan tampil cukup baik di kompetisi tertinggi di Indonesia itu.

Baca Juga:  STY Minta Tolong ke AFC agar Laga Indonesia vs Irak Berjalan Bagus

“Masih pemain-pemain yang biasa dipanggil oleh coach Shin Tae-yong,” kata Nova Arianto.

‘Rencana awal kami memanggil 26 pemain ke Palembang. Tapi sekarang 25 pemain,” ucap Nova menambahkan.

“Ini karena ada satu pemain yang mengalami cedera,” pungkas asisten yang juga mantan pemain Timnas Indonesia itu.

Jika skuad Garuda lolos dari hadangan Brunei Darussalam, maka anak asuh Shin Tae-yong itu akan kembali bermain di Ronde 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Untuk Ronde 2 tersebut, mereka telah dinanti oleh tiga tim kuat di grup F. Tiga tim tersebut adalah Timnas Vietnam, Timnas Irak, dan Timnas Filipina.

Menariknya, dua calon lawan Indonesia (jika lolos Ronde 1) di Ronde 2 tersebut merupakan lawan yang juga akan dihadapi di even lainnya yakni Piala Asia 2023. Dalam even sepakbola terbesar di benua Asia itu, Jordi Amat dkk tergabung dalam grup D bersama Timnas Jepang, Timnas Irak, dan Timnas Vietnam.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid