Timnas Indonesia

Berbagai Masalah Garuda Muda Jelang Piala Asia U-20 2023, Salah Satunya Masalah Adaptasi!



NOBARTV NEWS – Berbagai masalah melengkapi kedatangan di Uzbekistan. Setelah dipaksa beradaptasi dengan suhu dingin Uzbekistan, mereka kini mendapatkan masalah lainnya. Mereka harus melakukan latihan di sebuah lapangan yang tak layak untuk digunakan.

Sebagaimana diketahui, rombongan skuad Garuda muda sudah berada di Uzbekistan sejak beberapa hari lalu. Sebelum terbang ke sana, mereka para punggawa Timnas Indonesia mendapatkan fasilitas latihan yang lama dan cukup baik.

Sejak 1 Pebruari 2023, Hokky Caraka dkk digembleng oleh sang pelatih Shin Tae-yong. Mereka juga dipertemukan dengan berbagai tim dalam sebuah laga uji coba. Pertama, mereka berkesempatan melawan tim lokal Persija Youth. Dan kedua, mereka diikutsertakan dalam sebuah Turnamen Mini PSSI yang diikuti oleh tiga tim lain. Tiga tim yang dimaksud adalah Timnas Fiji U-20, Guatemala U-20, dan Selandia Baru U-20.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Secara kualitas, lawan-lawan Timnas Indonesia itu tidak bisa dikatakan sembarangan. Tiga negara yang menjadi lawan Indonesia itu merupakan kontestan 2023. Intinya, mereka mendapatkan kesempatan berlatih dan beruji coba dengan cukup baik selama ini.

Namun mirisnya, ketika hendak mengikuti Piala Asia U-20 2023, mereka mendapati masalah lainnya.

Di luar masalah komunikasi, skuad yang tak lengkap, dan lain sebagainya, para pemain Timnas Indonesia mendapat masalah baru.

Pertama, mereka harus beradaptasi dengan cuaca super dingin di Uzbekistan. Suhu dingin di sana mencapai 2 derajat celsius. Sebuah kondisi yang tak pernah mereka dapatkan sebelumnya. Bukan hanya akan beradaptasi dengan cuaca seperti itu dalam keadaan normal saja, mereka juga akan bermain dengan kondisi serupa.

“Secara keseluruhan tim dalam kondisi baik, tapi adaptasi dengan cuaca yang agak sulit, jadi mungkin perlu waktu,” kata Shin Tae-yong.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

“Cuaca seperti ini belum pernah dialami oleh para pemain, jadi tentu tidak mudah bagi kami,” ujarnya menambahkan.

Masalah lainnya adalah mereka mendapatkan fasilitas latihan yang sangat buruk. Lapangan tempat mereka berlatih sebelum turun di Piala Asia U-20 sangat tak layak. Shin Tae-yong selaku pelatih pun sangat kecewa.

“Jujur saya kurang mengerti dengan situasi ini,” papar Shin Tae-yong dilansir lewat kanal Youtube PSSI TV.

Shin sampai tak bisa membayangkan bagaimana bisa Uzbekistan menjadi tuan rumah sekelas turnamen Piala Asia U-20 namun justru memberikan fasilitas latihan yang tak layak seperti yang didapatkan Timnas Indonesia.

“Maksudnya ini turnamen Piala Asia, sebelum turnamen kita latihan di sini. Saya tidak bisa bayangkan kita mendapat fasilitas latihan dengan kondisi lapangan yang seperti ini,” katanya menutupi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

39 Comments