Timnas Indonesia

Indonesia Wajib Waspada! Timnas Irak Punya Puluhan Pemain Abroad di Liga Eropa, Siapa Saja?



NOBARTV NEWS – Timnas Indonesia akan melakukan lawatan ke markas Irak yakni Basra International Stadium dalam laga perdana Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde kedua grup F. Ternyata, tim asal timur tengah itu memiliki banyak sekali pemain abroad yang berkarier di Liga Eropa. Siapa saja?

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia dipastikan tergabung dalam grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde kedua zona Asia. Kepastian itu didapatkan anak asuh Shin Tae-yong itu usai mengalahkan Timnas Brunei Darussalam dalam dua pertandingan.

Laga melawan tim sesam Asia Tenggara itu tersaji di dua tempat yakni di kandang Indonesia dan Brunei Darussalam. Dalam laga yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Timnas Indonesia menang dengan skor telak 6-0. Enam gol skuad Garuda dikemas lewat hattrick Dimas Drajad, brace Ramadhan Sananta, serta satu gol lainnya dari bek tengah milik Persija Jakarta Rizky Ridho.

Sementara itu, dalam leg kedua yang digelar di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah, Bandar Seri Begawan, skuad Garuda lagi-lagi membantai sang lawan dengan skor yang sama 0-6. Kali ini, enam gol itu dilesakkan lewat brace Hokky Caraka serta masing-masing satu gol lewat Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Rizky Ridho, dan Ramadhan Sananta.

Oleh karena itu, berkat kemenangan agregat 12-0, anak asuh Shin Tae-yong tersebut dipastikan melangkah ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia grup F. Di grup F ini, mereka sudah dinanti oleh tiga tim lain yaitu Timnas Irak, Timnas Vietnam, dan Timnas Filipina.

Sesuai dengan jadwal pelaksanaannya, laga perdana dan kedua untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 grup F ini akan digelar pada bulan depan. Bahkan, di dua laga itu, skuad Garuda bakal melakukan laga tandang sekaligus. Pada 16 Nopember, Marc Klok dkk langsung berhadapan dengan tim terkuat (grup F) Irak di Basra International Stadium.

Indonesia Wajib Waspada! Timnas Irak Punya Puluhan Pemain Abroad di Liga Eropa, Siapa Saja?
Pemain Timnas Irak di klub Eredivisie FC Utrecht Zidane Iqbal

Laga melawan Irak jelas merupakan laga terpenting bagi skuad Garuda. Pasalnya, di laga perdananya itu, mereka langsung dihadapkan dengan tim terkuat. Laga perdana ini juga menentukan mental skuad Timnas Indonesia untuk laga-laga sesudahnya.

Ada alasan khusus mengapa Irak disebut sebagai tim terbaik di grup F. Selain dikarenakan rangking FIFA mereka jauh di atas tiga tim lainnya, Irak juga diperkuat oleh banyak pemain abroad. Pemain abroad tersebut puluhan dan tersebar dari berbagai benua. Di Eropa saja, lebih dari 10 punggawa Timnas Irak bermain di sana. Hal ini sangat berbanding terbalik dengan Timnas Indonesia yang hanya memiliki tak lebih dari enam pemain yang bermain di Eropa. Saat ini, Indonesia punya enam pemain abroad Eropa yakni Marselino Ferdinan, Ivar Jenner, Shayne Pattynama, Sandy Walsh, Rafael Struick, dan Elkan Baggott.

Lalu, siapa saja pemain Timnas Irak yang bermain di daratan Eropa? Berikut daftarnya:

  1. Rebin Sulaka (Bek tengah, Brommapojkarna/Liga Swedia)
  2. Merchas Doski (Bek kiri, Slovacko/Liga Slovakia)
  3. Masies Artien (Bek tengah, Spakenburg/Liga divisi tiga Belanda)
  4. Osama Rashid (Gelandang bertahan, Vizela/Liga Portugal)
  5. Amir Al Ammari (Gelandang tegah, Halmstads BK/Liga Swedia)
  6. Ahmad Allee (Gelandang tengah, Rouen 1899/Liga Kasta ketiga Prancis)
  7. Danilo Al Seed (Sayap kiri, Sandejford/Liga Nowegia)
  8. Ali Hayder (Sayap kiri, Stoke City U-18/Inggris)
  9. Ali Al Hammadi (Penyerang, AFC Wimbledon/Liga Kasta keempat Inggris)
  10. Hussein Ali (Bek tengah, FC Herenveen/Liga Belanda)
  11. Alai Ghasem (Bek kanan, Utsiktens BK/Liga Kasta Kedua Swedia)
  12. Allan Mohideen (Bek kanan, Uitsiktens BK/Liga Kasta Kedua Swedia)
  13. Zidane Iqbal (Gelandang, FC Utrecht/Liga Belanda)
  14. André Alsanati (sayap kanan, IK Sirius/Liga Swedia)
  15. Kevin Yakob (Gelandang serang, Aarhus GF/Liga Denmark)
  16. Sumar Almadjed (Gelandang tengah, Helsingborgs IF/Liga Kasta Kedua Swedia)
  17. Youssef Amyn (Winger kiri, Eintracht Braunschweig/Bundesliga 2 Jerman)
  18. Alexander Aoraha (Gelandang bertahan, QPR U-21/Inggris)
  19. Marwan Bazi (Gelandang serang, Jonkoping Sodra IF/Liga Kasta Kedua Swedia)
  20. Pashang Abdulla (Striker, Degerfors/Liga Swedia)
  21. Amin Al-Hamawi (Striker, Helsingborg IF/Liga Kasta Kedua Swedia)
  22. Amar Muhsin (Striker, Helsingborgs IF/Liga Kasta Kedua Swedia)
Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Indonesia Wajib Waspada! Timnas Irak Punya Puluhan Pemain Abroad di Liga Eropa, Siapa Saja? yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

NOBARTV SPESIAL MENU : Streaming BolaNonton FilmVideo GolAplikasi Airdrop KriptoLowongan Kerja Penulis [ Follow Nobartv.co.id di Google NewsWhatsApp Channel ]

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid