Timnas Indonesia

Persiapan Jelang SEA Games 2023, Skuad Timnas U-22 Bakal Uji Coba dengan Klub Lokal dan Luar Negeri

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – SEA Games 2023 akan digelar dalam waktu dekat ini. Rencananya, skuad Timnas U-22 akan melakukan laga uji coba melawan klub dalam dan luar negeri sebelum bertolak ke Kamboja selaku tuan rumah SEA Games 2023.

Sebagaimana diketahui, pelatih Timnas U-22 Indra Sjafri telah memulai pemusatan latihan sejak Rabu, 1 Maret kemarin. Indra memanggil 34 pemain yang dimayoritasi oleh pemain Liga 2. Indra sengaja memilih banyak pemain dari kompetisi tersebut karena sebagaimana yang diketahui Liga 2 sedang dihentikan untuk sementara waktu.

Pemusatan latihan yang melibatkan 34 pemain itu akan berjalan selama satu mingguan. Setelah itu, Indra akan kembali memanggil pemain baru guna mengikuti pemusatan latihan serupa. Pemain yang terpilih dalam pemusatan latihan ini akan digabung dengan pemain Liga 1 yang tampil reguler bersama klubnya.

Jadi, untuk pemain Liga 1 yang tampil reguler, mereka tak perlu mengikuti pemusatan latihan sejak awal seperti 34 pemain yang dipanggil kemarin.

Rencananya, pemusatan latihan ini tidak sekadar latihan biasa. Mereka juga akan mengikuti beberapa laga uji coba yang melibatkan beberapa klub dalam dan luar negeri. Sama halnya dengan U-20 kemarin yang di mana – sebelum tampil di Piala Asia U-20 diberikan laga uji coba oleh PSSI.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Saat itu (sebelum Piala Asia U-20), Hokky Caraka dkk berkesempatan melakukan laga uji melawan empat tim. Persija Jakarta Youth, Timnas Fiji U-20, Timnas Selandia Baru U-20, dan Timnas Guatemala U-20.

Dan kini, hal serupa juga akan dilakukan oleh Timnas Indonesia U-22 sebelum turun di SEA Games 2023. Hal itu telah dikonfirmasi oleh sang pelatih Indra Sjafri. Namun sayangnya, pelatih yang juga menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI itu belum bisa memastikan siapa lawan yang akan dihadapi anak buahnya.

“Kita lagi mendiskusikan beberapa kali uji coba, baik itu klub dalam negeri atau negara lain,” terang Indra.

“Kita coba rencanakan dari sekarang. Dan kita sudah berdiskusi dengan klub yang akan kita uji coba, di Bulan April nanti,” tambah mantan pelatih Timnas U-19 dan Bali United itu.

“Ini baru hari kedua (Kamis), jadi program kita memang dari 1 sampai 16 Maret, ada dua gelombang nanti. Gelombang pertama akan kita lakukan latihan dari tanggal 1-8 (Maret) yang intinya kita akan melihat potensi atau kualitas dari 34 pemain tersebut, ada bentuk metodenya dalam latihan,” jelas Indra Sjafri lagi.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Menariknya, dalam TC kali ini, Indra tidak menargetkan jumlah pemain yang akan disaring. Jadi, sang pelatih tak akan menyeleksi mereka berdasarkan jumlah namun berdasarkan kualitas. Sehingga, andaikata hanya lima pemain yang dianggap berkualitas dan layak untuk dipertahankan, maka Indra akan memutuskan lima pemain tersebut yang akan mengikuti TC lanjutan. Dengan demikian, sisanya dipastikan akan pulang ke klubnya masing-masing.

“Ada tiga kali internal game sebelum nanti kami putuskan dari 34 ini siapa yang kira-kira kami rekrut yang nantinya akan digabungkan dengan pemain yang main reguler di Liga 1. Yang menentukan nya berapa itu kualitas, tidak ada kuota ada kepastian berapa,” terangnya.

“Kalau yang berkualitas hanya 5 ya itu saja, yang pasti akan kami umumkan pada TC tahap pertama,” ujarnya menutupi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

9 Comments