Timnas Indonesia

Zainudin Amali Sebut Timnas U-17 Akan TC di Jerman atau Qatar



NOBARTV NEWS – Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali mengatakan U-17 akan berlatih di antara dua negara berikut. Pertama adalah Qatar dan kedua Jerman.

Di waktu dekat ini, Timnas Indonesia U-17 akan berpartisipasi dalam ajang sepakbola internasional bertajuk 2023. Di even tersebut, skuad Garuda Asia (julukan Timnas Indonesia U-17) akan bertindak sebagai tuan rumah.

Terpilihnya Indonesia sendiri karena tuan rumah yang ditunjuk sebelumnya yakni Peru tengah mengalami beberapa masalah di dalam negeri. Pertama, Peru dilanda krisis ekonomi dan kedua, negara asal Amerika Latin itu beberapa bulan lalu dilanda bencana alam.

Atas hal tersebut, Peru pun tak bisa mempersiapkan diri jelang tampil sebagai tuan rumah. Akibatnya, Peru memundurkan diri dan FIFA memilih Indonesia sebagai penggantinya.

Bertindak sebagai tuan rumah membuat skuad Garuda Asia dipastikan tampil tanpa perlu mengikuti babak kualifikasi. Indonesia dijamin masuk ke putaran final dan menjadi salah satu dari 24 kontestan yang akan berlaga. Even ini sendiri akan dimainkan pada 10 Nopember hingga 2 Desember 2023.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Mengingat jarak even dengan penunjukan sebagai tuan rumah sangat mepet sekitar lima bulan kurang, maka PSSI pun bergerak cepat untuk mempersiapkan diri. Kementerian PUPR fokus untuk melakukan inspeksi terhadap stadion-stadion yang direncanakan akan digunakan. PSSI juga sibuk mencari pemain keturunan atau diaspora yang saat ini bermain dan berada di luar negeri. Dan yang pastinya, PSSI juga disibukkan dengan menyusun agenda Timnas Indonesia U-17 dalam hal TC (pemusatan latihan) di dalam dan luar negeri.

Kabarnya, pemusatan latihan Timnas Indonesia U-17 nanti akan dilakukan di salah satu tempat di luar negeri. Jika bukan di Qatar, maka skuad Garuda Asia akan melakukannya di Jerman – begitupun sebaliknya. Hal itu dilontarkan oleh Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali beberapa waktu lalu. Namun berdasarkan pengakuannya juga, Amali belum tahu kapan para pemain skuad Garuda itu terbang ke luar negeri.

“Di Jerman dan ada beberapa negara lainnya. Kalau tidak Jerman, ada Qatar juga. Tanya Bima Sakti saja itu kapan berangkat ke Eropanya,” kata Zainudin Amali.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Timnas Indonesia Gabung Pot 1

Dikarenakan skuad Garuda bertarung sebagai tuan rumah untuk Piala Dunia U-17 tersebut, maka secara otomatis anak asuh Bima Sakti itu tergabung dalam pot 1. Di pot 1, skuad Timnas Indonesia akan membersamai tim-tim unggulan seperti Spanyol, Spanyol, hingga Meksiko. Nantinya, skuad Garuda Asia dipastikan tak akan berada di grup yang sama dengan tim yang berada di pot 1 tersebut.

Walaupun demikian, skuad Timnas Indonesia tak bisa lengah begitu saja. Sebab Arkhan Kaka dkk masih memiliki peluang untuk melawan beberapa tim kelas atas seperti Inggris, Argentina, hingga Amerika Serikat.

Agar lebih jelasnya, berikut pembagian pot Piala Dunia U-17 2023 Indonesia:

Pot 1: Indonesia, Brasil, Meksiko, Prancis, Spanyol, Jepang

Pot 2: Jerman, Mali, Inggris, Korea Selatan, Argentina, Ekuador

Pot 3: Selandia Baru, Iran, Senegal, Amerika Serikat, Uzbekistan, Maroko

Pot 4: Kanada, Kaledonia Baru, Panama, Burkina Faso, Polandia, Venezuela

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment