Timnas Indonesia

Tidak Hanya Thailand, Marc Klok Juga Waspadai Tim Ini di Piala AFF 2022

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS 2022 merupakan even ketiga yang akan diikuti oleh pemain naturalisasi Marc Klok. Sebelumnya, eks pemain PSM Makassar itu pernah tampil di SEA Games 2021 dan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Di Piala AFF 2022 ini, Marc Klok menyebut dua tim terkuat selain Timnas Indonesia.

Diketahui, Marc Klok saat ini tengah membela Persib Bandung. Ia menjadi satu dari tiga pemain Persib yang diikutsertakan Shin Tae-yong dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2022. Selain Klok, dua gelandang Persib Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto juga diikutsertakan oleh pelatih asal Korea Selatan itu.

Sebelum tampil di Piala AFF 2022, Klok pernah tampil di ajang SEA Games 2021 di Vietnam. Saat itu, Klok dkk sukses membawa Timnas Indonesia merengkuh posisi ketiga setelah menumbangkan Timnas Malaysia.

Adapun di kemarin, pemain yang berposisi sebagai gelandang serba bisa ini berhasil membawa Garuda Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023 di Qatar. Bahkan, ia mencetak satu dari dua gol ke gawang Timnas Kuwait di babak kualifikasi. Gol tersebut menjadi sejarah bagi Timnas Indonesia karena untuk pertama kalinya, mereka (Timnas Indonesia) berhasil menumbangkan Kuwait setelah lebih dari puluhan tahun tidak pernah menang.

Dan kini, di Piala AFF 2022 ini, Klok berharap untuk bisa membawa Timnas Indonesia memenangkan gelar pertamanya. Di edisi sebelumnya, Klok belum sepenuhnya resmi menjadi WNI sehingga dirinya tak bisa membela Timnas Indonesia. Namun kali ini, ia bertekad memberikan gelar tersebut untuk negara keduanya itu.

Namun, bukan perkara muda bagi Klok dkk. Di fase grup Piala AFF 2022, mereka akan berjumpa dengan Timnas Thailand – yang notabenenya merupakan juara bertahan. Di Piala AFF 2020 kemarin, Thailand sukses memenangkan gelar setelah menumbangkan Timnas Indonesia di partai final.

Selain Thailand, Timnas Indonesia juga akan berhadapan dengan Timnas Kamboja, Filipina, dan Brunei Darussalam.

Namun bagi Klok, Thailand bukan satu-satunya tim yang ia waspadai. Klok menyebut tim lain di grup B yakni Timnas Vietnam sebagai salah satu tim yang juga wajib diwaspadai.

“Saya pikir Thailand. Thailand dan Vietnam,” jelas pemilik nomor punggung 23 Persib Bandung itu.

Untuk diketahui, pertemuan terakhir Timnas Indonesia di level senior dengan Vietnam adalah di Piala AFF 2020. Saat itu, skuad asuhan Shin Tae-yong bermain imbang 0-0. Sedangkan di level U-23, Timnas Indonesia sempat dilumat sang lawan di SEA Games 2021. Saat itu, Marc Klok dkk tumbang dari tuan rumah Vietnam 3-0.

“Mereka adalah tim yang kompak, tim kuat, memiliki kualitas yang bagus dan memiliki pemain yang bagus. Tetapi Indonesia lebih baik,” lanjut Klok terkait kekuatan Thailand dan Vietnam.

Terkait target yang ingin ia capai bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 ini, Klok dengan mantap menjawab juara adalah target yang menjadi tujuan utamanya.

“Target pasti juara itu target saya dan kita kerja untuk itu. Selama di sana,” tutup pemain kelahiran Belanda itu.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid