Intermezzo

Israel Lega Indonesia Tak Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Harap Argentina Ditunjuk sebagai Penggantinya

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Pelatih Timnas Israel U-20 Ofir Haim mengaku lega setelah Indonesia dicoret sebagai tuan rumah 2023.

Seperti yang diketahui, pada Rabu malam kemarin, Erick telah bertemu dengan para petinggi FIFA di Doha Qatar. Pertemuan tersebut untuk membahas peluang Indonesia agar tetap sebagai tuan rumah untuk Piala Dunia U-20 2023.

Sayangnya, lobi yang dilakukan oleh Ketua Umum PSSI itu tak berjalan mulus. Keputusan mutlak FIFA menyebut Indonesia tetap ditarik dari keikusertaan sebagai tuan rumah di even tersebut. Dengan demikian, skuad Garuda muda juga dipastikan gagal tampil di ajang sepak bola paling bergengsi kedua di dunia itu.

“Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA, Gianni Infantino dan Presiden PSSI, Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023,” tulis FIFA.

“Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah. Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya,” lanjut FIFA lagi.

Kabar batalnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 menjadi pemberitaan berbagai media luar negeri. Meski FIFA tidak merincikan alasan utama di balik pencoretan itu, namun banyak yang menduga jika alasan utamanya adalah penolakan masyarakat Indonesia terhadap salah satu kontestan yaitu Timnas Israel U-20.

Israel dilarang datang ke Indonesia – apalagi sampai menyanyikan lagu kebangsaan dan mengibarkan benderanya di Indonesia. Pasalnya, Indonesia dan Israel tidak memiliki hubungan diplomatik sehingga membuat banyak pihak merasa tak setuju jika mereka datang dan bermain di Indonesia.

Dan ternyata, dibatalkannya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 sampai juga ke telinga pelatih Timnas Israel U-20 Ofir Halim. Halim mengaku lega dengan keputusan FIFA tersebut.

“Piala Dunia U-20 2023 akhirnya dipindahkan dari Indonesia dan kami menunggu untuk melihat di mana turnamen akan diadakan. Di mana pun kami akan datang untuk mewakili negara dengan terhormat,” terang Ofir Halim dilansir dari media Israel Mako.

Lebih lanjut, kata Ofir, ia berharap pengganti Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 nanti adalah Argentina.

“Jika saya memiliki pilihan, Argentina adalah tempat yang saya sukai. Saya tidak tahu apakah tanpa sepak bola saya bisa sampai di sana,” terangnya lagi.

Menariknya, apa yang diinginkan Ofir Halim sepertinya akan benar-benar terjadi. Sebab beberapa waktu lalu, Presiden FIFA Gianni Infantino dirumorkan sedang melakukan pembicaraan dengan Presiden AFA (Federasi Sepak Bola Argentina) Claudio Fabian Tapia. Hal itu diungkapkan pertama kali oleh jurnalis Argentina Jorge Rial di akun twitternya.

“Pertemuan antara Claudio Fabian Tapia dan Infantino besok di Paraguay, akan menentukan apakah Argentina bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20,” cuit sang jurnalis.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment