Timnas Indonesia

Khawatir dengan Kondisi Fisik Skuad Garuda Jelang Piala AFF 2022, Marc Klok Harap Liga Indonesia Kembali Bergulir



NOBARTV NEWS – Gelandang naturalisasi Marc Anthony Klok berharap kompetisi segera bergulir. Bagi Klok, kompetisi harus segera berjalan karena dalam waktu dekat Timnas Indonesia akan turun dalam ajang 2022.

Sebagaimana diketahui, seluruh kompetisi domestik Liga 1 hingga Liga 3 di Indonesia tengah distop secara keseluruhan. Keputusan ini diambil oleh PSSI dan juga pemerintah buntut Tragedi Kanjuruhan. Tragedi mematikan yang membuat ratusan jiwa meninggal itu membuat semua orang merasa terpukul – sehingga PSSI memutuskan untuk menghentikan seluruh even sepak bola domestik di tanah air.

Hingga sampai saat ini, belum dijelaskan serta tidak ada yang bisa menjamin kapan kompetisi tersebut kembali dilanjutkan – padahal, Piala AFF 2022 akan dihelat tidak lebih dari dua bulan lagi.

Hal ini menjadi kekhawatiran bagi Klok karena banyak dari pemain berlabel Timnas tidak pernah bermain sepak bola lagi. Hal ini bisa berakibat buruk kepada performa mereka di atas lapangan nanti. Terlebih, target Timnas Indonesia sudah jelas untuk menjadi juara – setelah di even sebelumnya hanya berstatus sebagai runner-up. Piala AFF 2022 sendiri direncanakan akan bergulir pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023.

“Harapan saya secepatnya bisa kembali digelar lagi,” ucap Marc Anthony Klok.

“Termasuk untuk tim nasional,” tambah pemain kelahiran Belanda itu.

“Karena pemain harus segera kembali berada di kondisi kebugaran yang bagus. Karena kami akan bertanding di Piala AFF Desember nanti. Kami perlu sepakbola yang kompetitif secepatnya,” pinta Klok lagi.

“Ada banyak pihak yang terlibat dan mereka harus duduk bersama untuk menemukan apa solusi terbaik,” tutup pemain yang saat ini membela Persib Bandung itu.

Senada dengan Marc Klok, ketua umum PSSI Mochamad Iriawan juga berharap hal yang sama. Demi meningkatkan fisik dan performanya skuad Garuda Indonesia jelang Piala AFF 2022, Iriawan mengatakan bahwa mereka (skuad Timnas senior) akan segera mengikuti pemusatan latihan di Bali. Hal ini dilakukan secepat mungkin agar performa mereka tidak menurun karena dihentikannya kompetisi.

“Itu salah satu mengapa kompetisi harus segera jalan. Supaya pemain timnas Indonesia harus bermain di klubnya sehingga performanya tidak turun,” ujar pria yang biasa disapa Iwan Bule itu.

“Sebentar lagi timnas Indonesia akan melakukan pemusatan latihan senior di Bali.”

“Jadi mereka akan berlatih cukup lama menjelang akhir Desember nanti Piala AFF 2022, itu dilakukan di Bali,” tutupnya.

Untuk diketahui, di Piala AFF 2022 ini, skuad asuhan Shin Tae-yong tergabung di grup A bersama Timnas Thailand, Filipina, Kamboja, dan salah satu pemenang play off antara Timor-Leste dan Brunei Darussalam.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

9 Comments