Timnas Indonesia

STY Bongkar Alasan Skuad Garuda Tak Main Baik Lawan Uzbekistan



NOBARTV.CO.ID STY bongkar penyebab kekalahan Indonesia, U23 baru saja tersingkir di semifinal Piala Asia U23 dari Timnas Uzbekistan. Pasca pertandingan, sang pelatih Shin Tae-yong membeberkan penyebab anak asuhnya tidak bermain baik di laga tersebut.

Impian skuad Garuda muda untuk menciptakan sejarah dengan lolos ke babak final Piala Asia U23 2024 pupuslah sudah. Setelah beberapa kali membuat kejutan dengan lolos dari fase grup hingga menumbangkan Korea Selatan di babak perempatfinal, langkah mereka akhirnya terhenti di tangan Uzbekistan.

Berhadapan dengan anak asuh Timur Kapadze itu, skuad Garuda tumbang dengan skor akhir 2-0. Awalnya, skuad Garuda sempat membuat gol lebih dulu lewat sepakan Muhammad Ferrari usai memanfaatkan bola rebound di depan gawang. Namun sayangnya, tak lama kemudian, gol tersebut dinyatakan batal oleh VAR lantaran kaki Ramadhan Sananta sudah lebih dulu terperangkap offside.

Akibatnya, motivasi serta daya juang Timnas Indonesia menurun drastis pasca kejadian itu. Mereka lebih banyak dikurung – bahkan tak mampu kesulitan menyerang balik. Puncaknya adalah ketika Uzbekistan pada akhirnya membuat gol yang diiringi dengan diganjarnya Rizky Ridho dengan kartu merah. Tidak selesai sampai di situ, sepuluh menit jelang bubar, nasib sial kembali mendatangi skuad Garuda setelah gol bunuh diri Pratama Arhan.

Baca Juga:  Timnas U20 Terbang ke Como untuk Persiapan TC Jelang Turnamen Toulon Prancis

Skor 2-0 bertahan hingga akhir. Indonesia pun gagal melangkah ke babak final. Sementara Uzbekistan, tim berjuluk Serigala Putih Muda itu melaju ke babak final Piala Asia U23 2024 sekaligus mendapat satu tiket otomatis ke Olimpiade Paris 2024. Dan di laga final nanti, Uzbekistan akan bertemu dengan Timnas Jepang yang di pertandingan lainnya menang atas Irak di babak semifinal. Dengan demikian, skuad Garuda akan bertemu dengan Irak di perebutan tempat ketiga. Pemenang Irak vs Indonesia juga akan menyusul Jepang dan Uzbekistan yang sebelumnya sudah mendapat satu tiket ke Olimpiade Paris 2024.

STY Bongkar Alasan Skuad Garuda Tak Main Baik Lawan Uzbekistan
Potret laga semifinal Piala Asia U23 2024 antara Indonesia vs Uzbekistan (sumber: IG @afcasiancup)

Adapun Shin Tae-yong, sang pelatih turut memberikan keterangan persnya pasca pertandingan. Ia membongkar penyebab anak asuhnya tidak bisa bermain baik di laga tersebut. Kendati anak asuhnya menelan kelalahan, namun pria asal Korea Selatan itu tetap memberikan apresiasi kepada perjuangan yang sudah dilakukan Nathan Tjoe-A-On dkk.

Baca Juga:  PSSI Bongkar Penyebab Maarten Paes Belum Bisa Perkuat Timnas Indonesia

“Pertama-tama saya mengapresiasi usaha bagus dari tim kami. Saya pikir Uzbekistan bermain dengan baik. Ada sesuatu yang saya merasa sedikit menyayangkan, tapi saya tidak mau menyebutkannya di sini,” kata Shin Tae-yong.

“Uzbekistan memang masih lebih kuat. Selamat untuk tim Uzbekistan. Kami masih memiliki kesempatan untuk bermain di Olimpiade, jadi kami harus memiliki persiapan yang baik untuk bisa lolos ke Olimpiade,” ucapnya menambahkan.

Dalam kalimat penutupnya, Shin menyebut rasa gugup anak asuhnya adalah penyebab mereka tak bisa tampil baik di laga kontra Uzbekistan.

“Saya pikir sebelum memulai pertandingan, kami merasa sedikit gugup. Mungkin ini mempengaruhi tim sehingga kami tidak bisa bermain sebaik biasanya,” tutup sang pelatih.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *