Timnas Indonesia

Gugur di Piala Asia U-20, STY Puji Pertahanan Anak Asuhnya

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS U-20 dipastikan gugur di Piala Asia U-20 2023. Berhadapan dengan Timnas Uzbekistan U-20 di partai pamungkas grup A, skuad Garuda hanya mampu bermain imbang. Meski demikian, sang pelatih Shin Tae-yong memuji pertahanan anak asuhnya.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia tergabung dalam grup A Piala Asia U-20 2023. Skuad Garuda muda berada dan satu grup dengan Timnas Irak U-20, Timnas Suriah U-20, dan tuan rumah Timnas Uzbekistan U-20.

Di babak grup tersebut, Hokky Caraka dkk masing-masing meraih kemenangan satu kali, imbang satu kali, dan menelan kekalahan satu kali. Satu-satunya kemenangan diraih atas Timnas Suriah U-20 di pertandingan keduanya. Lewat gol tunggal Hokky Caraka, skuad Garuda muda sukses meraup tiga poin sempurna.

Namun sayangnya, di pertandingan pertamanya, skuad Timnas Indonesia dipaksa menyerah dengan skor akhir 2-0. Unggul jumlah pemain sejak injury time babak pertama, anak asuh Shin Tae-yong itu gagal memanfaatkan jumlah peluang.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Dan di pertandingan terakhirnya melawan Uzbekistan tadi malam, skuad Garuda muda dipaksa bermain imbang 0-0. Dengan demikian, jumlah poin yang dikumpulkan Garuda muda berjumlah 4. Hasil dari satu kali menang dan satu kali bermain imbang.

Sayang, jumlah poin yang dikemasnya itu tak mampu membawa mereka finis sebagai runner-up. Meski poin yang didapatkan Garuda muda sama dengan Timnas Irak U-20, namun anak asuh Emad Mohamed itu unggul selisih gol dengan Timnas Indonesia.

Atas hasil itu, Timnas Uzbekistan U-20 dan Irak U-20 resmi menjadi wakil grup A untuk babak delapan besar Piala Asia U-20 2023. Dan siapapun tim yang lolos ke babak semifinal nantinya, maka mereka lah yang akan mewakili Asia di kancah 2023.

Adapun Timnas Indonesia, atas kekalahan kemarin malam membuat mereka dipastikan pulang. Meski demikian, skuad Garuda muda tetap lolos ke Piala Dunia U-20. Tak lain karena statusnya sebagai tuan rumah dalam even tersebut. Jadi, hasil buruk di Piala Asia U-20 kemarin tak membuat mereka gagal tampil di Piala Dunia U-20.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Sementara itu, Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers semalam tak mempermasalahkan kegagalan anak asuhnya. Bahkan, ia memuji lini bertahan timnya. Meski digempur habis-habisan, namun tak satupun gol yang bersarang ke gawang Daffa Fasya Sumawijaya.

“Dalam hal kualitas pertahanan, saya berikan apresiasi tersendiri kepada pemain yang bisa mengakhiri pertandingan tanpa kebobolan. Untuk memenangkan pertandingan, seluruh tim harus menjadi satu selama 90 menit,” kata Shin Tae-yong.

“Kami tidak bisa membawa beberapa pemain penting untuk turnamen ini, tapi performa pemain kami sudah bagus di grup ini,” ujarnya menambahkan.

“Saya pikir kami bermain cukup bagus melawan tim tuan rumah.”

“Seperti yang kalian lihat, para pemain Uzbekistan secara fisik lebih besar dari para pemain kami, dan kondisi ini cukup menyulitkan. Fisik adalah kekurangan kami,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

11 Comments