Timnas Indonesia

Timnas Indonesia Tanpa Elkan Baggott: STY Anggap Bermasalah, Dirtek PSSI Malah Pede!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Absennya Elkan Baggott bagi Shin Tae-yong merupakan sebuah masalah. Namun bagi Direktur Teknik PSSI, hal itu biasa saja – bahkan ia percaya diri mampu berbuat banyak meski tanpa kehadiran bek tengah Gillingham FC itu.

Untuk diketahui, Timnas Indonesia akan memainkan laga perdana 2022 pada 23 Desember mendatang. Di tanggal tersebut, skuad Garuda Indonesia akan menjamu Timnas Kamboja di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Selain melawan Kamboja, Timnas Thailand juga akan berhadapan dengan juara bertahan Thailand dan jumpa Brunei Darussalam serta Filipina.

STY sendiri telah memilih 28 pemain guna tampil di even tersebut. Dan dalam 28 daftar pemain yang diminta untuk mengikuti pemusatan latihan sejak 28 November itu, ada nama bek tengah Elkan Baggott. Baggott menjadi satu dari beberapa pemain yang rutin dipanggil Shin Tae-yong. Sejak Piala AFF edisi sebelumnya (2020) hingga bertemu lagi dengan edisi tahun ini, ia selalu menjadi andalan Shin Tae-yong.

Sayang, ketika Shin Tae-yong mengincar juara bersama Timnas Indonesia, ia justru menerima kabar buruk terkait salah satu pemainnya itu. Meski sebelumnya sudah datang ke Inggris dan melobi klub Elkan Baggott Gillingham FC agar diperbolehkan membawa pemainnya, namun lobi tersebut pada akhirnya gagal. Hal ini dikarenakan klub Baggott memiliki jadwal yang amat super padat. Selain bermain di kompetisi domestik League Two, Gillingham memiliki jadwal padat melawan Wolverhampton Wanderers di babak 16 besar dan jumpa Leicester City di putaran ketiga .

Maka daripada itu, Elkan akhirnya memutuskan untuk tetap berada di klubnya sehingga ia batal memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Kepastian absennya Baggott itu pada akhirnya sampai ke telinga Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu pun amat menyayangi absennya sang pemain. Padahal, di skuad Timnas Indonesia saat ini ada beberapa pemain yang berposisi sama dengan Baggott seperti Muhammad Ferrari, Andy Setyo, Hansamu Yama Pranata, dan Fachruddin Aryanto. STY mengaku sudah mengantisipasi absennya Baggott namun ia tetap kecewa karena sang pemain absen dari Timnas Indonesia.

“Memang dengan tidak adanya Elkan (Baggott), saya juga sudah antisipasi. Dia tidak bergabung memang jadi masalah, tapi kita harus mengatasinya dengan baik,” ujar Shin Tae-yong.

Berbeda dengan sang pelatih, Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri justru mengungkapkan hal lain. Ia cukup yakin dengan skuad Timnas Indonesia meski tanpa kehadiran sang pemain.

“Saya tidak bisa menjamin itu (Elkan Baggott gabung ke timnas Indonesia),” buka Indra Sjafri.

“Tetapi saya yakin dengan skuad yang ada sekarang, kami cukup untuk bisa menghadapi minimal pertandingan di babak penyisihan grup,” ujarnya menambahkan.

“Kami terus komunikasi tapi sampai detik ini Elkan Baggott belum bisa memastikannya,” tutup eks pelatih Timnas Indonesia U-19.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment