Timnas Indonesia

TC di Tengah Ramadan, Indra Sjafri Beri Kelonggaran Pemainnya untuk Tidak Berpuasa

TOPIK BERITA :


NOBARTV.CO.ID Indra Sjafri beri kelonggaran selama puasa, TC U-20 sudah berlangsung sejak beberapa hari yang lalu. TC tersebut berlanjut hingga di tengah suasana Ramadan ini. Oleh karena itu, selama TC digelar, Indra memberikan kelonggaran kepada anak asuhnya terkait dengan puasa.

Timnas Indonesia U-20 dijadwalkan menggelar uji coba pada bulan Maret ini. Uji coba tersebut merupakan upaya skuad Garuda muda untuk membentuk tim yang akan bersaing dan bisa tampil di putaran final 2025 mendatang.

Sebelum TC dan rencana uji coba bulan Maret ini digelar, sejak Desember 2023 hingga Februari kemarin, Indra sudah menggelar uji coba dan pemusatan latihan. Bahkan, pada bulan Januari kemarin, skuad Garuda muda telah melangsungkan beberapa laga uji coba. Sebut saja seperti melewan Timnas Thailand U-20 hingga menantang Timnas Uzbekistan U-20.

Akan tetapi, khusus untuk uji coba dan pemusatan latihan kali ini, Indra selaku pelatih telah mempersiapkannya dengan sebaik mungkin. Dari sisi lawan yang akan dihadapi, PSSI telah mengundang Timnas China U-20 sebagai lawan Arkhan Kaka dkk. Tak cuma sekali saja, namun laga melawan China akan digelar sebanyak dua kali.

Selain itu, dari sisi skuad, pemain yang dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia U-20 juga lebih beragam. Beberapa pemain diaspora dipanggil oleh Indra untuk memperkuat skuadnya.

Namun kini, yang menjadi masalah yang cukup serius adalah kondisi para pemain. Ya, sebelum melawan China U-20, beberapa pemain muslim di skuad Garuda muda harus berlatih di tengah-tengah suasana Ramadan. Seperti yang diketahui, selama Ramadan, semua umat Muslim harus menahan hawa nafsu makan dan minum sejak pagi dengan patokan sebelum Subuh hingga sore hari dengan berpatokan pada adzan Magrib.

TC di Tengah Ramadan, Indra Sjafri Beri Kelonggaran Pemainnya untuk Tidak Berpuasa
Momen latihan Timnas Indonesia U-20 (sumber: IG @timnas.indonesia)

Sementara itu, selama latihan, para pemain harus menunjukkan kemampuan terbaiknya di hadapan pelatih. Lantas, bagaimana cara mereka – para pemain yang Muslim untuk memberikan kemampuan terbaiknya?

Oleh karenanya, khusus kepada para pemain Muslim yang sedang mengikuti pemusatan latihan, Indra memberikan sedikit kelonggaran dengan tidak mewajibkan mereka berpuasa. Akan tetapi kelonggaran tersebut ketika hari pertandingan saja. Berarti, di luar pertandingan, para pemain wajib untuk berpuasa seperti biasa.

“Puasa adalah aturan dari Tuhan, dan sepak bola harus menyesuaikan dengan kegiatan ibadah ini,” kata Indra Sjafri Jumat lalu.

“Ini adalah bentuk kemudahan yang diberikan, dan kami menghormatinya. Untuk latihan malam ini, berpuasa mungkin masih bisa, tapi untuk pertandingan, lebih baik tidak,” pungkas mantan pelatih Bali United itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *