Timnas Indonesia

M. Riyandi Kerja Keras demi Posisi Inti di Timnas Indonesia, Nadeo Siap Bersaing Sehat!



NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong telah memilih tiga pemain untuk mengisi posisi penjaga gawang di 2022. Ketiga pemain tersebut adalah Syahrul Trisna, Muhammad Riyandi, dan Nadeo Argawinata. Sebagai kiper yang tak terlalu diperhitungkan, M. Riyandi siap bekerja keras demi merebut posisi inti.

Dalam sebuah kesebelasan, hanya posisi penjaga gawang yang paling jarang diganti. Biasanya, kiper pengganti hanya masuk jika penjaga gawang sebelumnya mendapatkan kartu merah atau mengalami cidera parah. Singkatnya, penjaga gawang adalah posisi dalam sepak bola yang paling krusial – terlebih untuk tim nasional.

Di level klub, penjaga gawang kedua biasanya mendapatkan jatah bermain ketika melawan tim yang tak terlalu kuat. Namun di level tim nasional, jangan harap penjaga gawang kedua mendapatkan ‘jatah' terlebih jika sang lawan merupakan tim kuat.

Di posisi penjaga gawang Timnas Indonesia sendiri, Nadeo Argawinata merupakan kiper utama yang jarang sekali digantikan. Sebagai contoh, di kemarin, Nadeo selalu bermain penuh dari pertandingan pertama hingga pamungkas. Kiper kedua apalagi ketiga hanya sebatas penghangat bangku cadangan.

Baca Juga:  PSSI Kembali Lobi Heerenveen agar Mau Lepas Nathan Tjoe-A-On ke Timnas U23 Lagi

Dan kini, di Piala AFF 2022, sebagai satu dari tiga kiper Timnas Indonesia yang dipanggil STY, Muhammad Riyandi siap membuktikan kualitasnya. Kiper muda Persis Solo ini bahkan sudah berlatih lebih giat sejak ia mengetahui dirinya masuk dalam daftar pemain yang akan mengikuti pemusatan latihan di Bali.

Kiper kelahiran 3 Januari 2000 itu tak lupa mengucapkan rasa syukurnya setelah dirinya masuk dalam daftar pilihan Shin Tae-yong.

“Pastinya sangat bersyukur bisa kembali dipercaya untuk memperkuat timnas Indonesia,” ujarnya.

“Yang pasti saya akan memberikan yang terbaik di setiap sesi latihan maupun pertandingan kelak,” ujarnya menambahkan.

Sejak sebelum pemusatan latihan (TC Timnas Indonesia) itu dimulai, Riyandi mengaku telah melakukan latihan lebih dulu. Bahkan, ia sudah melakukan latihan fisik yang jauh lebih keras demi mendapatkan tempat inti di skuad Timnas Indonesia. Diketahui, di FIFA Matchday melawan Timnas Curacao kemarin, Riyandi tak mendapatkan kesempatan sama sekali. Saat itu, STY hanya memainkan Nadeo dan Syahrul Trisna.

Baca Juga:  4 Fakta Jelang Duel Indonesia vs Korea Selatan: Arhan Jumpa Rekan Setimnya di Suwon FC!

Singkatnya, Riyandi dengan segala persiapan yang tengah ia lakukan mengisyaratkan dirinya siap menggeser posisi Nadeo sebagai kiper utama.

“Shin Tae-yong memiliki karakteristik latihan yang keras. Sehingga sebelum bergabung ke sana (pemusatan latihan Timnas Indonesia).”

“Saya akan lebih mempersiapkan diri dulu dengan latihan bersama Persis agar bisa mengikuti pola latihan timnas Indonesia,” tutupnya.

Sementara itu, Nadeo Argawinata menanggapi santai terkait peta persaingan kiper utama Timnas Indonesia. Ia enggan membahas hal tersebut dan lebih memilih untuk selalu siap jika nanti dipercaya sebagai pemain utama di bawah mistar gawang.

“Untuk persiapan sih pasti harus siap ya. Apalagi dengan klub juga latihan normal tidak ada perubahan jadwal latihan, dan bersyukur di Bali jadi tidak ada kendala transportasi lagi,” ujar Nadeo.

“Mengenai persaingan (kiper) ya saya kira ini adalah komposisi sama dengan sebelum-sebelumnya jadi kita bertiga pasti siap siapapun yg ditunjuk,” tutupnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

5 Comments