Timnas Indonesia

Main Reguler di Persebaya, Aji Santoso Sebut 2 Pemainnya Bakal Dilepas ke TC SEA Games Usai Liga 1 Selesai



NOBARTV NEWS – Aji Santoso membeberkan dua anak asuhnya di Persebaya Surabaya bakal memperkuat di SEA Games 2023. Akan tetapi, dua pemain tersebut tak perlu mengikuti pemusatan latihan sejak awal.

Sebagaimana diketahui, pada 28 Pebruari kemarin, PSSI telah merilis daftar pemain yang akan mengikuti pemusatan latihan gelombang pertama. Tak tanggung-tanggung, ada 34 pemain yang mayoritas berasal dari Liga 2 diminta oleh Indra Sjafri untuk mengikuti pemusatan latihan tahap awal tersebut.

Setelah itu, di minggu kedua Maret, Indra akan kembali memanggil beberapa pemain lainnya untuk menyusul pemusatan latihan tersebut.

Dalam keterangannya, Indra memang sengaja memanggil banyak pemain dari Liga 2 pada pemusatan latihan gelombang pertama ini. Hal ini dikarenakan mereka tidak mengikuti kompetisi sebab Liga 2 sendiri sedang distop untuk sementara waktu. Hanya beberapa pemain berasal dari Liga 1 yang ikut serta di pemusatan latihan tersebut. Itupun pemain yang bersangkutan diminta untuk ikut karena mereka tidak bermain reguler bersama klubnya.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Lalu, kapan pemain dari Liga 1 akan dipanggil?

Masih dari sumber yang sama yakni sang pelatih Indra Sjafri, mereka akan dikumpulkan pada gelombang berikutnya. Dan hal itu yang diisyaratkan oleh pelatih Persebaya Aji Santoso.

Kata Aji, dua pemainnya yakni Ernando Ari (kiper) dan Rizky Ridho (bek tengah) disebutnya mendapat panggilan. Namun keduanya diperbolehkan untuk bergabung belakangan. Mereka tak perlu ikut TC sejak awal karena keduanya sudah main reguler di klub berjuluk Bajul Ijo itu.

“Ada beberapa pemain dipanggil ke timnas, tapi, pemanggilan itu ditahap akhir. Pemain yang reguler, seperti Rizky Ridho, Ernando, tidak dipanggil di dalam tahap seleksi,” kata Aji Santoso.

“Karena ada beberapa tahapan, 1-8 (Maret) ada seleksi, 8-16 seleksi itu pemain yang usia 2001, tetapi seleksi ini untuk pemain-pemain yang tidak regular,” tambah pelatih asal Malang itu.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Lebih lanjut, kata Aji Santoso, kedua pemainnya itu bisa meninggalkan Persebaya setelah kompetisi Liga 1 selesai pada pertengahan bulan April ini. Jadi, kemungkinan besar keduanya tidak akan bergabung dalam pemusatan latihan terdekat – termasuk di gelombang kedua nantinya.

“Untuk Rizky, Ernando. Bisa menyelesaikan kompetisi.”

Aji Santoso sendiri mengaku sudah dihubungi oleh Indra Sjafri lewat rapat virtual. Ia dan seluruh pelatih klub Liga 1 dan 2 sudah dimintai untuk melepas pemainnya ke TC Timnas Indonesia.

“Hari Minggu kemarin (zoom meeting). Hampir semua pelatih liga 1 melakukan zoom meeting dengan Indra Sjafri menyampaikan program persiapan timnas,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment