Timnas Indonesia

Kualifikasi Piala Dunia hingga TC di Dortmund, Berikut Agenda Timnas Indonesia di Bulan Oktober 2023



NOBARTV NEWS – Beberapa agenda penting akan hadir pada bulan Oktober tahun ini. Baik itu untuk tim senior, kelompok umur, hingga Timnas futsal.

Seperti yang diketahui, pada bulan September kemarin, beberapa agenda penting diikuti oleh skuad Garuda. Dua agenda penting tersebut adalah FIFA Matchday September 2023 dan Kualifikasi 2024. Menariknya, di kedua even ini, Timnas Indonesia di bawah kendali Shin Tae-yong sukses mengalahkan para lawan-lawannya. Selain itu, adapula Asian Games 2022. Sayangnya, di even ini, Indra Sjafri gagal di babak 16 besar dengan Timnas Indonesia U-24.

Di ajang FIFA Matchday tanggal 8 September, Marc Anthony Klok dkk berhasil mengalahkan Timnas Turkmenistan dengan skor akhir 2-0. Dua gol skuad Garuda dicetak oleh Dendy Sulistyawan dan Egy Maulana Vikri. Dua gol tersebut membuat Timnas Indonesia mendapat tambahan poin di rangking FIFA. Terbaru, setelah update dari FIFA, Timnas Indonesia kini menduduki peringkat 147 dunia.

Adapun di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, Ivar Jenner dkk berhasil mengalahkan dua lawannya di grup K. Ketika berhadapan dengan Timnas Taiwan U-23, anak asuh Shin Tae-yong itu membantai sang lawan dengan skor telak 9-0 di Stadion Manahan Solo Jawa Tengah. Di laga keduanya, lagi-lagi, skuad Garuda muda mempermalukan Timnas Turkmenistan U-23 dengan skor akhir 2-0.

Baca Juga:  STY Minta Tolong ke AFC agar Laga Indonesia vs Irak Berjalan Bagus

Dua kemenangan itu membuat Marselino Ferdinan dkk lolos untuk pertama kalinya dalam ajang Piala Asia U-23. Untuk Piala Asia U-23 2024, even ini akan dimainkan di Qatar.

Adapun untuk bulan Oktober, terdapat beberapa agenda yang akan diikuti oleh Timnas Indonesia. Apa saja itu?

1. Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia

Timnas Indonesia harus memulai persiapannya di 2026 melalui ronde pertama. Di ronde pertama ini, Marc Klok dkk akan berjumpa dengan tim asal Asia Tenggara Brunei Darussalam.

Laga ini akan dilangsungkan di dua tempat alias dimainkan dalam dua leg. Leg pertama rencananya akan digelar di Indonesia dan kedua di markas Brunei Darussalam.

Jika Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Brunei Darussalam, maka anak asuh Shin Tae-yong itu sudah dinanti oleh tiga tim kuat di ronde dua. Tiga tim yang dimaksud adalah Irak, Filipina, dan Vietnam.

Indonesia vs Brunei Darussalam

Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang

Kamis 12 Oktober 2023 pukul 19.00 WIB

Brunei Darussalam vs Indonesia

Stadion Sultan Hassanal Bolkiah, Bandar Seri Begawan

17 Oktober 2023 pukul 19.15 WIB

2. Timnas Indonesia U-17 Lanjutkan Training Center di Dortmund

Setelah melakukan training center di markas Borrusia Monchengladbach, Timnas Indonesia U-17 melanjutkan pemusatan latihan di Dortmund. Selama berada di Monchengladbach, Arkhan Kaka dkk sempat berujicoba dengan tim muda TSV Meerbusch U-17.

Baca Juga:  Dari Wasit Utama hingga VAR, Berikut 7 Perangkat Pertandingan Indonesia vs Irak

Dan kali ini, mereka sudah melanjutkan training center ke tempat yang berbeda yakni Dortmund. Rencananya, TC di Dortmund akan memakan waktu selama kurang lebih tiga bulan. TC di Jerman merupakan persiapan skuad Garuda Asia untuk tampil di 2023.

“Saya dan teman-teman sangat antusias untuk menjalani pemusatan latihan di Dortmund. Meskipun waktu sangat sikat, kita harus benar-benar memanfaatkan waktu itu untuk berkembang lebih baik lagi,” ujar salah satu pemain Timnas U-17 Mohamad Andre Pangestu.

3. Kualifikasi Piala Asia 2024 (Timnas Futsal)

Timnas futsal Indonesia juga akan turut serta meramaikan agenda Timnas Indonesia di bulan Oktober ini. Diketahui, Timnas futsal Indonesia tergabung dalam grup B Kualifikasi Piala Asia 2024 bersama Makau, Afganistan, dan Arab Saudi. Seluruh laga di babak kualifikasi ini akan digelar di Arab Saudi.

Indonesia vs Makau

Green Hall, Dammam, Arab Saudi

7 Oktober 2023 pukul 20.00 WIB

Indonesia vs Afganistan

Green Hall, Dammam, Arab Saudi

9 Oktober 2023 pukul 20.00 WIB

Indonesia vs Arab Saudi

Green Hall, Dammam, Arab Saudi

11 Oktober 2023 pukul 23.00 WIB

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid