Timnas Indonesia

Ditumpas Irak U-20 di Laga Pembuka Grup A, STY: Pertandingan-pertandingan Berikutnya Akan Sangat Sulit!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Tak bisa dipungkiri, kekalahan atas Irak U-20 di laga perdana dalam Piala Asia U-20 2023 bakal mengubah penampilan mereka di laga-laga berikutnya. Bahkan, sang pelatih Shin Tae-yong menyebut pertandingan-pertandingan skuad Garuda muda berikutnya akan terasa jauh lebih sulit.

Sebagaimana diketahui, seluruh kontestan grup A Piala Asia U-20 2023 sudah menyelesaikan pertandingan pertamanya. Timnas Indonesia sudah selesai meladeni Timnas Irak sedangkan tuan rumah Uzbekistan juga telah bertemu dengan skuad muda Suriah.

Hasilnya, tuan rumah Uzbekistan sukses mempermalukan Suriah dengan skor meyakinkan 2-0. Sedangkan di laga lainnya antara Timnas Indonesia Vs Irak U-20, anak asuh Shin Tae-yong tak berdaya sama sekali. Unggul jumlah pemain sejak injury time babak pertama, Muhammad Ferrari dkk gagal memetik satu poin pun. Bahkan, gawang Daffa Fasya Sumawijaya dibobol sebanyak dua kali oleh sang lawan.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Kekalahan tersebut jelas sesuatu yang sangat disayangkan. Sebab terkadang, pertandingan awal dalam sebuah turnamen sangat menentukan sebuah tim hingga turnamen tersebut usai. Dalam hal ini, kekalahan Timnas Indonesia di matchday pertama kemarin akan sangat berpengaruh dengan pertandingan berikutnya. Mereka akan tidak lebih pede dari biasanya, mental mereka tak sebaik sebelum pertandingan, bahkan buruknya lagi, mereka tidak yakin untuk memenangkan pertandingan. Sebab apa? Keyakinan dalam sebuah pertandingan bisa runtuh dalam sekejap.

Bagi skuad muda Irak yang dipimpin oleh pelatih Emad Mohamed, kemenangan atas Indonesia kemarin jelas membuatnya jauh lebih pede. Bahkan ketika bertemu dengan tuan rumah nanti, mereka akan lebih percaya diri untuk memenangkan pertandingan. Namun bagi skuad Garuda muda, meskipun Hokky Caraka dkk memiliki mental yang baik untuk mengalahkan Suriah nantinya, namun mereka tak memiliki mental sebaik Irak.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Hal itupun yang kini menjadi sorotan sang pelatih Shin Tae-yong. STY dalam keterangannya usai pertandingan menyebut kekalahan atas Irak akan membuat pertandingan-pertandingan berikutnya (Vs Suriah dan Uzbekistan) terasa lebih sulit. Shin dalam kesempatan tersebut menekankan bahwa pertandingan pertama adalah laga yang paling penting.

“Pada turnamen seperti ini, pertandingan pertama sangat penting, maka tentu saja pertandingan-pertandingan berikutnya akan sangat sulit. Tapi kami tidak akan menyerah, kami datang kemari untuk memenangi pertandingan, bukan sekedar berpartisipasi,” jelas Shin di sesi konferensi pers.

“Tentu saja akan sangat sulit untuk pertandingan kedua. Namun saya harus membawa atmosfer yang bagus ke dalam tim. Saya tidak akan membawa atmosfer buruk ke tim,” pungkas mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

11 Comments