Piala Dunia 2022

Hasil Kroasia vs Belgia Piala Dunia 2022: Pasukan Kevin de Bruyne Out, Luka Modric Cs Tembus 16 Besar



NOBARTV NEWS – Pertandingan matchday ketiga babak fase grup antara Kroasia versus Belgia berakhir dengan skor 0-0.

Laga yang digelar di Stadion Ahmad Bin Ali pada 1 Desember 2022 tersebut berjalan cukup seru hingga menit akhir.

Berkat hasil imbang ini, Kroasia lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai runner up, sedangkan Belgia out alias tersingkir.

Simak ulasan jalannya pertandingan Kroasia v Belgia di Piala Dunia 2022 berikut ini.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Timnas Kroasia mampu tampil lebih dominan di babak pertama. Kroasia tampil lebih menekan dan memaksa Belgia untuk menerapkan pola pertahanan yang cukup dalam.

Belgia sebenarnya tidak hanya diserang. Belgia juga berani melakukan serangan ke lini pertahanan Kroasia melalui skema serangan balik. Belgia tampak memanfaatkan serangan balik karena cukup kesulitan untuk melewati lini tengah Kroasia.

Timnas Belgia sebenarnya bisa mengatur alur bola namun hanya di lini pertahanannya, saat mencoba masuk ke lini tengah, Belgia kurang efektif.

Lini tengah Kroasia bergerak aktif di babak pertama, baik dalam bertahan maupun menyerang. Saat menyerang, lini tengah Kroasia yang dikomando Luka Modric mampu mengalirkan bola ke lini depan dengan sangat baik dan cukup leluasa.

Karena berulang kali menekan, Kroasia pastinya punya beberapa kali peluang untuk mencetak gol di babak pertama. Sayangnya, finishing para pemain Kroasia kurang beruntun, ditambah lagi lini pertahanan Belgia yang tampil cukup kuat.

Kroasia sebenarnya mendapatkan hadiah penalti pada babak pertama, penalti tersebut diberikan karena wasit menganggap pemain Belgia melanggar pemain Kroasia di kotak penalti.

Sayangnya, penalti tersebut batal diberikan kepada Kroasia. Hal itu karena wasit merevisi keputusannya usai melihat VAR, menurut wasit, sebelum pemain Kroasia dilanggar, ada pemain Kroasia lain yang sudah berada di posisi offside.

Hingga babak pertama usai, skor imbang 0-0 tidak berubah, kedua tim masih sama kuat.

Babak Kedua

Pada babak kedua, Belgia mulai berani memegang kendali permainan. Belgia juga menambah kekuatan di lini depan dengan memasukkan striker tajam, Lukaku.

Di sisi lawan, Kroasia tetap tampil tenang dan tidak terburu-buru. Kroasia tidak mengubah gaya permaiannya seperti babak pertama, tampak para pemain Kroasia dengan sabar membangun serangan dari bola-bola pendek antar lini.

Karena tampil cukup menekan di menit-menit awal babak kedua, Belgia mendapatkan beberapa kali peluang. Satu peluang emas Belgia yakni saat Lukaku mampu lepas dari kawalan bek Kroasia. Lukaku yang tinggal mengarahkan bola ke gawang yang kosong justru gagal karena tendangannya membentur tiang gawang.

Kehadiran Lukaku tampaknya membuat lini tengah Belgia tampil cukup percaya diri. Para pemain Belgia aktif mencari ruang guna membongkar pertahanan rapat yang diterapkan Kroasia.

Di menit-menit akhir alias injury time, Lukaku kembali mendapat kesempatan untuk mencetak gol karena tidak dikawal tepat di depan gawang. Sayangnya, Lukaku kembali gagal mencetak gol karena kurang beruntun dalam melakukan penyelesaian akhir.

Hingga babak kedua selesai, skor imbang 0-0 tidak berubah, kedua tim berbagi poin.

Dengan hasil ini, Kroasia mengakhiri babak fase grup Piala Dunia 2022 di posisi kedua pada Grup F dengan 5 poin, sedangkan Belgia berada di posisi ketiga dengan raihan 4 poin.

Susunan Pemain Sejak Menit Awal

Kroasia: D Livakovic, J Gvardiol, D Lovren, J Juranovic, B Sosa, M Brozovic, L Modric, M Kovacic, M Livaja, I Pesisic, A Kramaric

Belgia: T Courtois, T Alderweireld, J Vertonghen, T Castagne, T Meunier, L Dendoncker, A Witsel, K De Bruyne, D Mertens, Y Carrasco, L Trossard

Demikian ulasan jalannya pertandingan Kroasia v Belgia di matchday ketiga babak fase grup Piala Dunia 2022.

Ferdian Indarto

Seorang penulis artikel yang juga suka futsal dan nonton sepakbola, terutama Liga-liga top dunia. Liga favoritnya adalah liga Inggris dan pemain bintang favoritnya seorang Sergio Aguero.