Timnas Indonesia

Pemain Muda Persija Frengky Missa Tak Goyah Jelang Laga Perdana Garuda Muda Kontra Irak



NOBARTV NEWS akan memulai partai perdananya di Piala Asia U-20 2023 melawan Timnas Irak. Meski demikian, salah satu pemain Timnas Indonesia Frengky Missa tak merasa minder – bahkan siap mengalahkan lawannya itu.

Selain Timnas Irak U-20, skuad Garuda muda juga akan berhadapan dengan Timnas Suriah U-20 dan Timnas Uzbekistan U-20. Namun khusus untuk Irak, tim yang akan menjadi lawan Indonesia di laga perdananya itu sudah seringkali bermain di even serupa. Bisa dibilang tim asal Timur Tengah itu sudah menjadi langganan di Piala Asia U-20 tersebut.

Bahkan, tak sekadar menjadi langganan semata, namun Timnas Irak U-20 juga menorehkan prestasi yang sangat baik. Dari 40 edisi Piala Asia U-20 yang sudah terselenggara sejak 1959, Skuad Irak U-20 sudah memenangkan gelar tersebut sebanyak 5 kali. Rinciannya adalah pada tahun 1975 juara bersama dengan Timnas Iran, lalu tahun 1977 juara untuk kedua kalinya. Pada tahun 1979, Irak meraih gelar juara bersama Timnas Korea Selatan. Juara keempatnya di Piala Asia U-20 kembali diraih Irak pada tahun 1988. Dan terakhir kali menjadi juara pada tahun 2000. Saat itu, Timnas Irak menang atas Timnas Jepang 2-1.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Setelah itu, tim muda Irak tak pernah menjuarai even serupa lagi. Prestasi terbaik yang bisa diraih pasca 2000 itu adalah menjadi runner-up pada tahun 2012. Saat itu, Piala Asia U-20 diselenggarakan di Uni Emirat Arab. Sayang, di partai final, Irak U-20 kalah dari Timnas Korea Selatan dengan skor cukup besar 4-1.

Melihat rekam jejak sang lawan, Timnas Irak U-20 jelas lebih diunggulkan dibandingkan Indonesia. Namun Frengky Missa tak minder sama sekali. Bahkan ia siap untuk memberikan penampilan terbaiknya untuk mendapatkan kemenangan di laga perdananya.

“Laga itu jadi tantangan bagi kami sebagai pemain untuk bisa memberikan penampilan terbaik, dan hasil yang baik juga,” kata Frengky Missa dilansir dari laman resmi Persija Jakarta.

“Setelah tiba di Uzbekistan, cuaca sangat dingin. Tapi ini bukan penghalang bagi kami untuk bermain di U-20. Kami harus beradaptasi dengan baik,” tambah Frengky lagi.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Sementara itu, rekan seklub Frengky yakni Dony Tri Pamungkas juga berharap timnya cepat beradaptasi agar bisa memberikan penampilan terbaiknya.

“Semoga kami cepat beradaptasi dan bisa menampilkan yang terbaik,” timpal Dony.

Adapun sang pelatih yakni Shin Tae-yong, ia mengaku anak asuhnya dalam kondisi yang sangat baik. Ia mengaku timnya hanya butuh waktu untuk beradaptasi jelang laga perdana (Vs Irak U-20) nanti.

“Secara keseluruhan tim dalam kondisi baik, tapi adaptasi dengan cuaca yang agak sulit. Jadi mungkin perlu waktu. Cuaca seperti ini belum pernah dialami oleh para pemain, jadi tentu tidak mudah bagi kami,” kata pelatih asal Korea Selatan itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

39 Comments