Timnas Indonesia

STY kepada Media Korea: Marselino Mirip dengan Saya!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Kepada media Korea Selatan Naver, Shin Tae-yong mengungkapkan keluh kesannya sebagai pelatih . Dalam salah satu tulisan, STY memuji salah satu pemainnya yakni Marselino Ferdinan. Ia menyebut jika dirinya sangat mirip dengan pemain muda 18 tahun itu.

Sebagaimana diketahui, Marselino menjadi salah satu pemain yang paling sering dipanggil Timnas Indonesia di era kepelatihan Shin Tae-yong. Di bawah asuhan pelatih asal Korea Selatan itu, Marselino menjadi kepercayaan di berbagai tim nasional kelompok umur. Ia juga menjadi pemain tersibuk sepanjang tahun 2022 dan kemungkinan akan berlanjut pada tahun ini.

Di tahun 2022, selain mengikuti ajang FIFA Matchday 2022, Marselino juga memperkuat Timnas Indonesia di berbagai kelompok umur. Ia tampil bersama Timnas U-23 di SEA Games 2021 di Vietnam, lalu membela Timnas Indonesia U-19 di U-19 2022 dan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Selain itu, ia juga tampil bersama Timnas Indonesia senior di Kualifikasi Piala Asia di Kuwait serta tampil di even Piala AFF 2022. Jumlah pertandingan tersebut tak dihitung dengan pemusatan latihan dan beberapa laga uji coba skuad Garuda muda di dua negara Eropa yakni Turki dan Spanyol beberapa bulan yang lalu.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Kepercayaan Shin kepada pemainnya itu membuat keduanya lebih dekat dibandingkan dengan pemain lainnya. Dalam beberapa kesempatan, Marselino juga tak sungkan untuk mengusili sang pelatih. Kedekatan keduanya sudah seperti bukan atasan (pelatih) dan bawahan (pemain). Namun lebih seperti seorang anak ke bapaknya.

Nah, kedekatan keduanya itu membuat Shin curhat ke media Korea Selatan. Kepada media tersebut, Shin Tae-yong memuji habis sang pemain. Tanpa ragu, eks pelatih Timnas Korea Selatan itu menyebut Marselino sebagai pemimpin masa depan Timnas Indonesia. STY juga mengaku terpukau ketika pertama kali melihatnya.

“Marselino, yang baru saja pindah ke K.M.S.K Deinze di divisi dua Belgia, lahir pada tahun 2004. Sebagai pemain yang mencetak gol sekaligus berperan aktif di Piala AFF 2022, dia adalah pemimpin masa depan yang diharapkan Indonesia. Pemain ini juga merupakan pemain penting dalam tim untuk ‘'. Sejak pertama kali saya melihatnya, keterampilan shooting dan individunya bagus, jadi saya berusaha untuk membuatnya berkembang,” kata Shin.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Shin juga menyebut pemainnya itu sebagai sosok yang sangat mirip dengannya. Bukan hanya dari gaya bermain saja namun gaya hidup juga.

“Marselino ini paling mirip dengan saya tidak hanya dari segi gaya bermain tetapi juga dari segi gaya hidup. Tak hanya performa agresif, tapi juga kebebasan berekspresi. Inilah yang disebut generasi nyata. Seperti yang kalian ketahui, saya menari saat syuting iklan ramen di Indonesia. Tapi Marselino mengolok-olok saya sambil meniru (ada juga videonya). Para senior juga terkejut, tapi aku tertawa karena itu menyenangkan. Itu tidak masalah,” ujarnya menambahkan.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments