Timnas Indonesia

Begini Respons PSSI soal Banyaknya Pemain Bintang Liga 1 untuk TC Timnas U-23



NOBARTV NEWS – Dalam bocoran daftar pemain U-23 yang diminta untuk mengikuti pemusatan latihan, banyak di antara mereka merupakan pemain bintang di Liga 1. Atas hal tersebut, Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali angkat suara.

Seperti yang diketahui, pada malam hari tadi, sempat tersebar nama-nama pemain yang diminta untuk mengikuti pemusatan latihan pada Selasa 8 Agustus untuk ajang U-23 2023. Namun tak berselang lama, unggahan PSSI tersebut dihapus oleh mereka. Alhasil, banyak publik bertanya-tanya, kenapa PSSI terburu-buru untuk menghapus postingannya itu. Beberapa netizen menduga kalau PSSI mempublikasikannya tanpa melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan para klub Liga 1.

Walaupun demikian, postingan tersebut sempat ter-capture dan kini tersebar di platform media sosial lainnya. Dalam daftar 26 pemain yang dipanggil itu, banyak sekali pemain bintang yang diminta untuk bergabung. Hanya dua pemain abroad dari 26 nama itu. Mereka adalah Ivar Jenner (Jong FC Utrecht U-21) dan Rafael Struick (ADO Den Haag).

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Mengingat Piala AFF U-23 2023 bukanlah agenda resmi FIFA, maka wajar saja bagi PSSI hanya memanggil dua pemain abroad. Walaupun demikian, keputusan untuk memanggil banyak pemain bintang Liga 1 tetap menimbulkan pertanyaan. Pasalnya, kompetisi sepakbola tertinggi di Indonesia ini akan tetap digelar di tengah-tengah Piala AFF U-23 nanti. Diketahui, Piala AFF U-23 akan terselenggara pada 18 Agustus sampai 26 Agustus mendatang.

Beberapa pemain bintang yang namanya sempat tersebar pada malam hari tadi adalah Witan Sulaeman (Persija Jakarta), Rizky Ridho (Persija Jakarta), Ernando Ari (Persebaya Surabaya), Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang), Beckham Putra (Persib Bandung), Muhammad Ragil (Bhayangkara FC), hingga Ramadhan Sananta (Persis Solo).

Atas banyaknya pemain bintang Liga 1 yang dipanggil itu, Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali angkat bicara.

“Untuk sementara akan dikomunikasikan untuk Piala AFF U-23 dan Kualifikasi Asia U-23,” kata Waketum PSSI Zainudin Amali kepada wartawan terkait polemik pemanggilan pemain Timnas U-23.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

“Yang sekarang sedang komunikasi itu ketua BTN (Badan Tim Nasional) Pak Sumardji dan komite sekaligus manajer Endri Erawan,” pungkas mantan Menpora RI itu.

Berikut Daftar 26 Pemain yang Sempat Diumumkan PSSI Malam Tadi:

Kiper: Daffa Fasya, Ernando Ari, Muhammad Adisatryo

Bek: Bagas Kaffa, Kadek Arel, Komang Teguh, Haykal Alhafiz, Muhammad Ferrari, Rizky Ridho, Frengky Missa, Alfeandra Dewangga

Gelandang: Arkhan Fikri, Muhammad Taufany Fajar Fathurrahman, Beckham Putra, Robi Darwis, Muhammad Kanu, Esal Sahrul Muhrom, Abdul Rahman, Ivar Jenner

Penyerang: Muhammad Ragil, Salim Akbar, Irfan Jauhari, Ramadhan Sananta, Rafael Struick

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid