Timnas Indonesia

Kualitas Arhan Semakin Baik Setelah Bermain di Luar Negeri



Kualitas Arhan Semakin Baik Setelah Bermain di Luar Negeri
Pratama Arhan

NOBARTV NEWS – Fullback kiri , Pratama Arhan menampilkan permainan apik ketika Timnas Indonesia bermain imbang dengan Timnas Bangladesh dalam ajang FIFA Matchday beberapa hari lalu. Meski tidak mencetak gol maupun assist, penampilan Arhan kali ini mendapatkan pujian karena ia memberikan penampilan yang sangat berbeda dari sebelumnya

Aksi Arhan di laga melawan Timnas Bangladesh tuai pujian dari banyak orang. Arhan sering tampil menusuk dan seringkali membantu lini serang yang dilancarkan Timnas Indonesia. Arhan sama baiknya ketika menyerang maupun bertahan.

Permainan Arhan semakin matang sejak ia bermain di . Di laga melawan Bangladesh, Arhan yang bertugas di posisi bek sayap kiri sering membantu Irfan Jaya yang berada tepat di depannya. Kombinasi kedua pemain tersebut sangat baik dan rapi seolah mereka sudah lama bermain bersama.

Adapun Arhan, ini adalah pertandingan pertamanya di sebuah laga resmi setelah 3 bulan absen merumput. Kenapa hal ini bisa terjadi?

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Arhan tiba di Jepang untuk memperkuat Tokyo Verdy pada 17 Maret lalu. Setibanya di sana, Arhan tidak serta-merta mendapatkan menit bermain. Menurut pelatihnya, Arhan harus beradaptasi dengan lingkungannya sebelum ia bisa merumput bersama Verdy.

Sayang, sejak kedatangannya di Jepang hingga saat ini, Arhan tidak pernah diturunkan oleh sang pelatih. Berbagai alasan menjadi penyebab sang pemain tidak pernah diturunkan. Salah duanya adalah ia kalah bersaing dengan pemain Verdy lainnya dan alasan keduanya adalah ia sempat dibekap cidera.

Sehingga terhitung selama 3 bulan ia tidak pernah turun dalam laga resmi. Meski demikian, hal itu tidak membuat permainan Arhan kaku. Ia justru tampil memukau ketika turun pertama kali setelah absen selama 3 bulan dalam laga resmi.

Di event SEA Games 2021 lalu, Arhan sebetulnya bisa tampil bersama Timnas Indonesia. Sayang, Tokyo Verdy tidak mengizinkan sang pemain untuk berlaga membela tanah airnya. Hal ini disebabkan event tersebut tidak masuk dalam kalender resmi FIFA sehingga klub boleh melarang pemainnya untuk tetap berada di klub.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Meski demikian, penampilan ciamik Arhan kemarin tak lepas dari sistem latihan yang ia terima selama berada di Jepang. Jadi, meskipun ia tidak pernah bermain (bersama Tokyo Verdy), namun dari sisi skill dan kerja keras, ia semakin membaik dari sebelumnya.

Jelang , Arhan kembali dipercaya Shin Tae-Yong bersama 22 pemain lainnya untuk berlaga dalam ajang kualifikasi tersebut. Semalam, Arhan dkk sudah berangkat ke Kuwait selaku tuan rumah Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023.

Selain tuan rumah Kuwait, Timnas Indonesia juga tergabung bersama Timnas Yordania dan Nepal dalam grup yang sama.

Dijadwalkan, Timnas Indonesia akan melakoni laga perdananya di grup A melawan Kuwait pada 8 Juni mendatang. Setelah itu Marc Klok dkk akan berhadapan dengan Timnas Yordania di partai keduanya. Di laga terakhir grup A, anak asuh Shin Tae-Yong itu wajib melibas Timnas Nepal demi meraih asa untuk tampil di Piala Asia tahun depan.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid